Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Peringatan HUT ke-79 RI di IKN Berjalan Lancar, MUI Kaltim Sampaikan Harapan Ini

Sabtu, 17 Agustus 2024 – 18:30 WIB
Peringatan HUT ke-79 RI di IKN Berjalan Lancar, MUI Kaltim Sampaikan Harapan Ini - JPNN.COM
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kalimantan Timur KH Muhammad Rasyid. Foto: Dokumentasi MUI Kaltim

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kalimantan Timur KH Muhammad Rasyid menyampaikan sejumlah harapan atas kelancaran acara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Sabtu (17/8).

Menurut Rasyid, persiapan matang yang dilakukan pemerintah sebagai kunci kelancaran acara HUT RI, salah satunya terlihat dari upaya aparat keamanan, seperti Polri dan TNI dalam menjaga situasi di wilayah Kaltim tetap kondusif.

"Acara peringatan HUT RI merupakan event nasional yang sangat strategis. Oleh karena itu, harus terjamin keamanannya. Saya kira sudah menjadi kewajiban atau keharusan bagi aparat-aparat keamanan untuk mengamankan acara tersebut agar bisa terlaksana dengan baik," ujar Rasyid.

Rasyid pun menyambut positif keterlibatan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dalam mengamankan peringatan HUT RI di IKN.

Sebab, dia menilai BNPT mampu untuk melakukan deteksi dini jika ada ancaman terorisme yang ingin menganggu pelaksanaan acara tersebut.

"Keterlibatan BNPT sangat penting karena teroris kan bergerak atas dasar doktrin dan doktrin itu susah untuk dihapus dalam waktu singkat. Tentu kita tidak tahu ada berapa orang di masyarakat yang meyakini doktrin semacam itu. Maka diperlukan deteksi dini dan itu adalah tugasnya BNPT," terang Rasyid.

Baca Juga:

Lebih lanjut Rasyid mengatakan acara peringatan HUT RI di IKN menjadi semacam simbol akan terlaksananya perpindahan ibu kota negara Indonesia dari Jakarta ke Kaltim dalam waktu dekat.

 Dia menilai perpindahan ibu kota negara itu jelas bakal memiliki dampak yang sangat positif bagi Kaltim maupun wilayah-wilayah di sekitarnya, terutama dalam hal pemerataan pembangunan dan peningkatan ekonomi masyarakat.

MUI Kaltim sampaikan sejumlah harapan terkait dengan kelancaran peringatan HUT ke-79 RI

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA