Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Peringati Hari Air Dunia 2021, Kementerian PUPR Hijaukan Area Infrastruktur di Seluruh Indonesia

Selasa, 23 Maret 2021 – 13:45 WIB
Peringati Hari Air Dunia 2021, Kementerian PUPR Hijaukan Area Infrastruktur di Seluruh Indonesia - JPNN.COM
Puncak peringatan Hari Air Dunia 2021 dipusatkan di Bendungan Sindangheula, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, pada Senin (22/3). Foto dok Kementerian PUPR

jpnn.com, BANTEN - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui balai-balai di seluruh Indonesia melakukan penanaman pohon di berbagai area infrastruktur secara serentak untuk memperingati Hari Air Dunia ke-29 tahun 2021.

Puncak peringatan dipusatkan di Bendungan Sindangheula, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, pada Senin (22/3).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Menteri PUPR Jhon Wempi Wetipo mengatakan, kegiatan peringatan HAD ke-29 pada 2021 mengusung tema nasional 'Mengelola Air, Menjaga Kehidupan'.

"Masyarakat perlu diberikan pemahaman dan kesadaran bahwa mereka tidak hanya memiliki hak sebagai pengguna air, tetapi juga bertanggung jawab serta wajib memberikan konstribusi dalam memelihara alam dan lingkungan yang menjadi sumber air," katanya.

Menurutnya, peringatan ini juga merupakan bagian dari kampanye untuk meningkatkan kesadaran akan daya rusak air akibat kerusakan lingkungan.

"Lingkungan dan air yang tidak terawat bisa menjadi musuh, namun apabila dirawat dengan baik akan menjadi kawan," ujarnya.

Menteri Basuki menambahkan, Bendungan Sindangheula yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 4 Maret 2021 lalu, memiliki kapasitas tampung 9,3 juta m3 dan diharapkan memberikan manfaat irigasi terhadap 1.280 hektare (ha) sawah di Serang dan pada umumnya di Provinsi Banten.

"Saya menyampaikan apresiasi kepada Kementerian PUPR yang telah melakukan kegiatan penanaman pohon yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas," ucap Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

kegiatan peringatan Hari Air Dunia ke-29 pada 2021 ini mengusung tema nasional 'Mengelola Air, Menjaga Kehidupan'.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close