Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Peringati Hari Lingkungan Hidup, Menteri Siti: 4,69 Juta Hektare Lahan Dipulihkan

Sabtu, 05 Juni 2021 – 14:39 WIB
Peringati Hari Lingkungan Hidup, Menteri Siti: 4,69 Juta Hektare Lahan Dipulihkan - JPNN.COM
Menteri LHK Siti Nurbaya. Foto: dok KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar menyebutkan bahwa restorasi ekosistem selama 2015-2021 telah berhasil memulihkan lahan terdegradasi.

 Menurut Menteri Siti, luas total lahan yang dipulihkan sampai dengan hari ini atau tepat Hari Lingkungan Hidup 2021 mencapai 4,69 juta hektare (ha) 

“Saat ini pemulihan lahan dengan total area tidak kurang dari 4,69 juta ha dipulihkan termasuk gambut dan mangrove,” kata Menteri Siti dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup 2021 di Jakarta, Sabtu (5/6). 

Pada peringatan ini, Menteri Siti menyebut Indonesia punya semangat mengelola lingkungan yang salah satunya meliputi restorasi dan rehabilitasi hutan guna mendukung upaya mengatasi krisis perubahan iklim. 

Tak hanya itu Indonesia juga memastikan pengelolaan konservasi dan keanekaragaman hayati harus bersifat secara berkelanjutan dan menjadi bagian dari pemulihan ekonomi nasional. 

Menteri Siti menjelaskan restorasi ekosistem itu dilakukan guna peningkatan produktivitas ekosistem hutan dan lahan yang terdegradasi. 

Restorasi ekosistem juga dilakukan melalui bentuk izin usaha pemanfaatan hasil hutan kayu restorasi ekosistem, salah satu bentuk pengelolaan hutan bekas tebangan.

“Restorasi ekosistem dimaksudkan mengembalikan ekosistem hutan terdegradasi setelah dikelola dengan sistem tebang pilih dan tanam Indonesia, kepada kondisi yang semaksimal mungkin mendekati kedekatan semula atau sebelum dieksploitasi,” ujarnya.

Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar menyampaikan pencapaian restorasi ekosistem saat ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close