Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Perkenalkan, Laksma TNI Hargianto Datuak Bagindo Malano Nan Hitam

Senin, 30 Agustus 2021 – 16:12 WIB
Perkenalkan, Laksma TNI Hargianto Datuak Bagindo Malano Nan Hitam - JPNN.COM
Prosesi pemasangan saluak oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi kepada Danlantamal II Laksma TNI Hargianto. Foto: diambil dari posmetropadang

jpnn.com, AGAM - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) II Padang Laksamana Pertama TNI Hargianto mendapat gelar kebesaran dari masyarakat Minangkabau, Minggu (29/8).

Pria kelahiran Jambi itu dipercaya mengemban gelar adat Datuak Bagindo Malano Nan Hitam pemangku penghulu Suku Pisang Nagari Cingkariang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Pemberian gelar itu ditandai dengan proses pemasangan saluak (sejeni ikat/penutup kepala) kepada Laksma TNI Hargianto oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi, kemudian pemasangan keris Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar oleh M Sayuti Rajo Penghulu, dan penyerahan tongkat oleh Fauzi Bahar Dt Nan Sati.

Acara 'Batagak Gala Kebesaran' itu digelar di Masjid Jami Cingkariang, dihadiri juga Bupati Agam Andri Warman, Forkopimda Sumbar, tokoh adat Minangkabau dan pejabat daerah.

"Gala Datuak Bagindo Malano Nan Hitam yang diberikan kepada Danlantamal II Padang Laksma TNI Hargianto menjadi bagian untuk memperkuat sendi-sendi adat Minangkabau, khususnya di Nagari Cingkariang ini,” kata Gubernur Sumbar Mahyeldi.

Gubernur menilai Laksma TNI Hargianto patut diangkat jadi penghulu bergelar Datuak Bagindo Malano Nan Hitam dari niniak mamak Nagari Cingkariang.

“Beliau adalah sosok yang tegas dalam penegakan keamanan dan memiliki kepedulian terhadap masyarakat. Untuk itu patut mendapat apresiasi dengan penganugerahan gelar Datuak Bagindo Malano Nan Hitam dari niniak mamak Nagari Cingkariang,” kata Mahyeldi.

Dia menyampaikan, beban Laksma TNI Hargiantoi kini bertambah, lantaran sebagai seorang penghulu atau pemimpin kaum, harus memimpin kaum dan menuntun anak kemenakan ke arah yang lebih baik.

Danlantamal II Padang Laksamana Pertama TNI Hargianto mendapat kepercayaan dari masyarakat Minangkabau. Apa itu?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close