Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Perkuat Kelembagaan Petani, Kementan Dukung Gertasi Kalimantan Selatan

Kamis, 09 Desember 2021 – 14:06 WIB
Perkuat Kelembagaan Petani, Kementan Dukung Gertasi Kalimantan Selatan - JPNN.COM
DPP Gertasi yang menggandeng Bank Kalsel belum lama ini melantik kepengurusan DPW Provinsi Kalsel. Foto: Dok Gertasi Kalsel

jpnn.com, KALIMANTAN SELATAN - Ketua Umum Gerakan Tani Syarikat Islam (Gertasi) Wahid Erawan mengatakan pembangunan pertanian tidak lepas dari peran elemen masyarakat.

Para pakar, akademisi, tokoh adat, tokoh agama, hingga organisasi/komunitas memiliki andil penting terhadap sektor pertanian Indonesia.

Itu juga yang menjadi latar adanya Gertasi. Mereka tersebut melakukan ekspansi ke daerah-daerah dalam rangka memperkuat basis SDM pertanian. Salah satunya di Kalimantan Selatan.

DPP Gertasi yang menggandeng Bank Kalsel belum lama ini melantik kepengurusan DPW Provinsi Kalsel.

Keberadaan Gertasi di 'Borneo' diharapkan mampu memperkuat dan membantu pemerintah untuk mengakselerasi pertanian di bumi Kalsel.

"Gertasi bertujuan mensinergikan upaya peningkatan kapasitas kelembagaan petani dan kelembagaan ekonomi petani agar mempunyai kemampuan membaca perkembangan pasar produk produk pertanian," ujar Ketua Umum Gertasi, Wahid Erawan melalui keterangan tertulisnya, Rabu (8/12).

Wahid berharap eksistensi Gertasi Kalsel mampu membangkitkan sektor pertanian di Kalimantan. Termasuk memperkuat sinergi dengan para pemangku kepentingan, untuk bersama-sama membangun pertanian melalui program-program yang digalakan pemerintah.

"Misalnya IPDMIP, seleras dengan visi-misi organisasi kami. Yakni bagaimana memberdayakan penyuluh dan petani," kata Wahid.

Ketua Umum Gerakan Tani Syarikat Islam (Gertasi) Wahid Erawan mengatakan pembangunan pertanian tidak lepas dari peran elemen masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close