Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Perkuat Perekonomian Nasional, Shopee Bantu UMKM Bertransformasi & Berdaya Saing di Awal 2024

Jumat, 14 Juni 2024 – 14:30 WIB
Perkuat Perekonomian Nasional, Shopee Bantu UMKM Bertransformasi & Berdaya Saing di Awal 2024 - JPNN.COM
Digitalisasi, perubahan perilaku konsumen, inovasi produk, dan peran e-commerce, khususnya Shopee, telah menjadi pilar utama dalam mendukung pertumbuhan UMKM serta brand lokal. Foto: dok JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Tren pertumbuhan bisnis UMKM dan brand lokal di awal 2024 telah menjadi sorotan utama ekonomi Indonesia.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UMKM) mencatat kontribusi UMKM terhadap ekonomi Indonesia telah mencapai 61 persen dari Pendapatan Produk Domestik Bruto (PDB) negara.

Faktor-faktor seperti digitalisasi, perubahan perilaku konsumen, inovasi produk, dan peran e-commerce, khususnya Shopee, telah menjadi pilar utama dalam mendukung pertumbuhan UMKM serta brand lokal.

Selama 2023, lebih dari 500.000 penjual UMKM baru telah bergabung bersama Shopee dengan pertumbuhan pendapatan yang meningkat hingga 30 persen year-over-year (YoY) terhitung dari 2020-2023.

Perkuat Perekonomian Nasional, Shopee Bantu UMKM Bertransformasi & Berdaya Saing di Awal 2024

Sejak beroperasi di Indonesia, Shopee senantiasa mewujudkan komitmennya dalam mendorong roda perekonomian nasional melalui pilar UMKM dan brand lokal.

Maka dari itu, pada 2023 sebanyak 84 persen pelaku usaha di Shopee berasal dari UMKM dan brand lokal dengan 93 persen total transaksi didominasi oleh produk lokal.

Berbagai Inovasi berkelanjutan telah diciptakan guna membantu bertransformasi dan meningkatkan daya saing usaha serta memperkuat eksistensi baik di dalam negeri maupun internasional.

Tren pertumbuhan bisnis UMKM dan brand lokal di awal 2024 telah menjadi sorotan utama ekonomi Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close