Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Perlu Ditagih, Komitmen Obama soal Perubahan Iklim

Jumat, 19 Februari 2010 – 11:39 WIB
Perlu Ditagih, Komitmen Obama soal Perubahan Iklim - JPNN.COM
JAKARTA - Peran Amerika Serikat (AS) dalam perubahan iklim, akan ditagih saat Barack Obama datang ke Indonesia. Artinya, langkah kongkrit dari (pemerintah) AS dalam hal itu, harus segera diwujudkan.

Agus Purnomo, Sekretaris Dewan Nasional Perubahan Iklim, dalam diskusi "Langkah Selanjutnya dalam Perubahan Iklim Indonesia" di Sequis Center, Jakarta, Jumat (19/2), menjawab pertanyaan yang dilemparkan Wimar Witoelar, menyatakan hal itu demi merespon soal bagaimana jika ia diberi kesempatan bicara dengan Presiden Obama saat berkunjung ke Indonesia nanti. "Langkah nyata harus segera dilakukan Amerika Serikat, sebagai bentuk tanggungjawab selaku penyumbang emisi karbon yang besar di dunia," jawabnya.

Langkah nyata ini, lanjut Agus, merupakan awal untuk membantu negara lain dalam persoalan perubahan iklim. "Misalnya dengan membuat regulasi dalam negeri, sehingga hukumnya menjadi wajib bagi AS sendiri dalam program perubahan iklim," tegasnya.

Dengan demikian, kata Agus, AS bisa membuktikan janji-janjinya dalam Kesepakatan Kopenhagen, sehubungan dengan kesepakatan warga dunia untuk ikut mengatasi masalah perubahan iklim dunia. Agus pun mengatakan, AS harus secara jelas menunjukkan upayanya dalam bentuk aksi, bukan hanya sikap diplomatis, dalam bekerjasama dengan negara lain yang bertekad mencegah temperatur permukaan bumi selalu naik.

JAKARTA - Peran Amerika Serikat (AS) dalam perubahan iklim, akan ditagih saat Barack Obama datang ke Indonesia. Artinya, langkah kongkrit dari (pemerintah)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA