Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Perlu Optimalisasi Data untuk Kartu Tani

Selasa, 20 Maret 2018 – 23:22 WIB
Perlu Optimalisasi Data untuk Kartu Tani - JPNN.COM
Petani di sawah. Ilustrasi Foto: JPG/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) akan maksimalisasi dan optimalisasi kartu tani yang sudah berada di tangan petani menjadi prioritas program yang akan direalisasikan.

Ketua Umum HKTI Jenderal TNI (Purn) Moeldoko menuturkan, salah satu upayanya adalah pengembangan fungsi kartu tani untuk berbagai macam aplikasi.

“Kartu tani yang sudah didistribusikan kepada para petani akan kami optimalkan lagi. Tidak sebatas untuk acuan pengadaan pupuk saja, tetapi diupayakan dapat digunakan untuk mendukung kegiatan lain yang terkait dengan proses produksi,” ujar Moeldoko, Selasa (20/3).

Mantan Panglima TNI ini mengatakan, selain mengembangkan kartu tani, pendampingan kepada para petani hingga ke level Kelompok Tani (Poktan) yang berada di arus bawah juga dilakukan.

Tujuannya, mewujudkan kesejahteraan anggota melalui berbagai langkah yang telah ditetapkan HKTI.

Strateginya, di antaranya membangun kemitraan dengan semua pihak yang memiliki kepedulian terhadap upaya-upaya peningkatan pangan.
Sebelum bermitra, pihaknya akan melakukan tiga langkah persiapan, meliputi penguatan infrastruktur organisasi, penyusnan database potensi petani dan pemaksimalan kartu tani.

Penguatan infrastruktur organisasi, dengan pelantikan DPP HKTI di berbagai provinsi dengan membentuk pengurus di tingkat kabupaten/kota, kecamatan, desa hingga ke Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) sampai menyentuh Kelompok Tani (Poktan).

"Setelah kepengurusan di daerah terbentuk langsung diamanati untuk menyusun database potensi di lingkungannya masing-masing. Dengan bekal telah tersusunnya pengurus hingga di level bawah bersama potret potensi petani inilah HKTI database akan mudah didapat untuk keperluan kartu tani," papar Moeldoko.

Tujuannya mewujudkan kesejahteraan anggota melalui berbagai langkah yang telah ditetapkan HKTI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close