Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Perlu Pendidikan Membatik pada Generasi Muda

Rabu, 26 Agustus 2009 – 16:40 WIB
Perlu Pendidikan Membatik pada Generasi Muda - JPNN.COM
JAKARTA - Ibu negara Ani Yudhoyono mengimbau para orang tua agar memberi pendidikan budaya dan kerajinan kepada anak-anaknya, seperti belajar membatik, main angklung, dan menari. Meski maha karya para pembatik di Indonesia sudah membanggakan, namun ada kondisi yang mengkhawatirkan yaitu minimnya generasi muda belajar membuat batik.

"Kita bangga karena corak batik kita sangat banyak, maha karya para pembatik sudah membikin sejarah sendiri bagi bangsa Indonesia. Namun dibalik kebanggaan itu menyisahkan keprihatinan. Apa itu? minimnya pembatik muda, minimnya regenerasi para pembatik. Kita perhatikan para pembatik masih didominasi oleh usia lanjut," papar Ani dalam sambutannya membuka pameran terbesar Gelar Batik Nusantara (GBN) ke-6 tahun 2009 di Assembly Hall, Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta, Kamis (26/8)

 

Menurut Ani, agar eksistensi pembatik terus ada, peran orang tua mendorong anak-anaknya belajar membatik. "Ayo, wariskan maha karya ini kepada anak cucu kita. Memakai batik ini pasti terlihat lebih keren dan trendi. Badan di PBB saja sudah memberi apresiasi kepada kita dengan cara mewajibkan regenerasi para pembatik sebagai warisan dunia milik Indonesia, seperti wayang dan keris yang sudah lebih dulu diakui UNESCO," bebernya.

Ani secara khusus menyampaikan kepada Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik agar bekerjasama dengan Menteri Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo, untuk mengurus batik ke UNESCO (united nations educational, scientific and cultural organization) hingga tuntas. "Kepada Pak Jero Wacik, kita titip batik. Angklung juga sudah menanti. Kalau bapak/ibu main ke istana merdeka, disana selalu kita hidupkan angklung. Itu salah satu cara melestarikannya," ujar dia.

JAKARTA - Ibu negara Ani Yudhoyono mengimbau para orang tua agar memberi pendidikan budaya dan kerajinan kepada anak-anaknya, seperti belajar membatik,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA