Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Perlukah Kita Pakai Masker Untuk Cegah Virus Corona?

Senin, 17 Februari 2020 – 23:35 WIB
Perlukah Kita Pakai Masker Untuk Cegah Virus Corona? - JPNN.COM
The World Health Organisation has declared the coronavirus a global health emergency. (Getty Images: Tomohiro Ohsumi / Stringer)

Harga masker di Indonesia telah mencapai Rp 2 juta per kotak dan Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto menyalahkan konsumen yang gencar membeli masker. Benarkah kita memiliki ketakutan tertular virus corona yang berlebihan?

Setelah merebaknya Virus Corona, masker yang paling banyak diburu oleh warga adalah masker jenis N95. Masker bedah ini dipercaya mampu menangkal virus di udara sampai 95 persen.

Akibatnya, harganya melonjak dari Rp200 ribu per kotak menjadi Rp 2 juta per kotak.

Saat dikonfirmasi, tanggapan Menteri Kesehatan sedikit mengejutkan karena bernada menyalahkan warga yang membeli masker.

"Salahmu sendiri kok beli? Enggak usah. Masker itu untuk yang sakit. Tadi Parani (Dr. Paranietharan) bilang dari WHO enggak ada gunanya."

"(Masker) untuk yang sakit supaya tidak menulari orang lain kalau sakit. Kalau sehat enggak perlu," tambah Terawan di Halim Perdanakusuma, Jakarta, akhir pekan lalu kepada wartawan (15/02).

Penggunaan masker yang 'salah kaprah'

Perlukah Kita Pakai Masker Untuk Cegah Virus Corona? Photo: Koran Singapura juga berusaha mengedukasi pembaca tentang penggunaan masker. (Supplied)

 

dr Aria Fahrial Syam, Guru besar dan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia juga sudah mengingatkan salah kaprah penggunaan masker yang kini ramai di Indonesia.

Harga masker di Indonesia telah mencapai Rp 2 juta per kotak dan Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto menyalahkan konsumen yang gencar membeli masker

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close