Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Permintaan Hunian Meningkat, Harga Rumah Naik di Masa Pandemi

Senin, 26 April 2021 – 04:19 WIB
Permintaan Hunian Meningkat, Harga Rumah Naik di Masa Pandemi - JPNN.COM
Sederet unit rumah subsidi BTN di kawasan Bogor (Ilustrasi). Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Harga rumah secara nasional terus menunjukkan peningkatan mencapai 5,24 persen secara tahunan per Maret 2021 di masa pandemi.

Hasil riset Housing Finance Center (HFC) milik PT Bank Tabungan Negara (BTN) menunjukkan kenaikan harga rumah tersebut ditopang pertumbuhan signifikan pada hunian tipe 70.

Direktur Utama Bank BTN Haru Koesmahargyo mengatakan kenaikan harga rumah secara nasional sejalan dengan kebutuhan mendesak akan hunian di masa pandemi ini.

Pasalnya, pandemi mengubah pola hidup masyarakat di mana mayoritas kegiatan dilakukan di rumah.

“Sejalan dengan kebutuhan rumah yang mendesak, serta berjalannya program vaksinasi, infrastruktur yang terus dibangun. Kami meyakini sektor perumahan nasional akan semakin terakselerasi,” ujar Haru, Minggu (25/4).

Sementara itu Investor Relations and Research Division Head Bank BTN Winang Budoyo merinci HPI nasional naik dari 170,12 pada Maret 2020 menjadi 179,02 di bulan yang sama tahun ini.

Kenaikan harga rumah nasional per Maret 2021 tersebut ditopang oleh  peningkatan signifikan di rumah tipe 70 sebesar 5,49% yoy dari 153,40 menjadi 161,82 per triwulan I/2021.

Peningkatan signifikan harga rumah di tipe 70 tersebut, lanjut Winang, bahkan lebih tinggi dari pada pertumbuhan sebelum pandemi yaitu sebesar 4,86% pada Desember 2019.

Hasil riset Housing Finance Center (HFC) milik PT Bank Tabungan Negara (BTN) menunjukkan kenaikan harga rumah tersebut ditopang pertumbuhan signifikan pada hunian tipe 70.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close