Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pernyataan Din Soal Kepulangan Habib Rizieq Bukan Sekadar Cek Kosong

Senin, 24 Agustus 2020 – 19:33 WIB
Pernyataan Din Soal Kepulangan Habib Rizieq Bukan Sekadar Cek Kosong - JPNN.COM
Habib Rizieq. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesian Public Institute Karyono Wibowo menduga terdapat implikasi politik ketika Din Syamsuddin melontarkan pernyataan bahwa negara bertanggung jawab memulangkan  Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab.

"Pernyataan Din Syamsuddin bisa jadi tidak sekadar cek kosong. Pernyataan Din terkait pemulangan Rizieq Shibab, tentu memiliki implikasi politik," kata Karyono dalam pesan singkatnya kepada jpnn.com, Senin (24/8).

Dalam analisis Karyono, pernyataan Din meningkatkan sentimen negatif terhadap pemerintah.

Di sisi lain, katanya, pernyataan itu berpotensi membangun simpati pendukung Habib Rizieq kepada Din dan Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI).

Selain berstatus ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Din merupakan seorang deklarator KAMI. Mantan ketua umum PP MUhammadiyah itu juga selalu hadir dalam setiap kegiatan KAMI.

"Menurut saya, ini salah satu manuver yang lumrah dalam pergulatan politik," ucap Karyono.

Namun, kata dia, pernyataan Din itu belum tentu bisa menarik pendukung Habib Rizieq dan massa yang tergabung dalam kelompok 212 untuk mendukung KAMI.

Pasalnya, kata dia, masih akan terjadi tarik-menarik antara berbagai kekuatan politik yang membidik pendukung Habib Rizieq sebagai ceruk pemilih.

Pernyataan Din Syamsuddin terkait negara bertanggung jawab memulangkan Habib Rizieq, memancing perhatian pengamat politik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close