Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pernyataan Timnas AMIN soal Utang Luar Negeri untuk Belanja Alat Perang

Minggu, 07 Januari 2024 – 12:43 WIB
Pernyataan Timnas AMIN soal Utang Luar Negeri untuk Belanja Alat Perang - JPNN.COM
Jubir Timnas AMIN Sukamta. Foto: Tim Media AMIN

jpnn.com - JAKARTA - Juru bicara Timnas AMIN, Sukamta menilai keprihatinan cawapres 01 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin soal negara yang lebih memilih berutang untuk membeli alat perang ketimbang alat pertanian, adalah hal yang wajar.

“Cak Imin sedang mengingatkan bahwa seorang pemimpin (kepala negara) harus memiliki prioritas dalam pembangunan, karena keterbatasan anggaran dengan banyaknya kebutuhan. Nah, prioritas yang dibuat jangan sampai mengorbankan rakyat, karena kesejahteraan rakyat merupakan prioritas yang tidak bisa ditawar-tawar," kata Sukamta, Minggu (7/1).

Anggota Komisi I DPR RI ini menyatakan, paradigma si vis pacem, para bellum (kalau ingin damai, harus siap perang) harus ditempatkan secara bijak sesuai dengan tempatnya.

Anggaran belanja alat utama sistem senjata atau alutsista jangan sampai melampaui yang semestinya, mengingat rakyat juga butuh kesejahteraan.

Sukamta memandang, ketahanan tidak melulu soal militer, tidak melulu soal alutsista. Model perang sekarang sudah terus berkembang, tidak hanya perang militer, ada juga perang nonmliter, dan perang hibrida.

Spektrum ancaman juga tidak hanya ancaman militer, tetapi juga ada ancaman nonmiliter dan hibrida.

"Di dalam UU RI No. 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara (PSDN) diatur soal 3 bentuk ancaman ini," ujarnya.

"Sehingga ketidaksejahteraan rakyat juga merupakan ancaman terhadap ketahanan nasional. Kalau rakyat miskin, secara tidak langsung negara akan rentan dan rapuh, meskipun alutsista kuat," kata Sukamta.

Timnas AMIN menilai keprihatinan Cak Imin soal negara yang lebih memilih berutang untuk membeli alat perang, adalah hal yang wajar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close