Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pertamina Grup Bantu Kelompok Hidroponik Sehati di Dumai untuk Manfaatkan Energi Hijau

Jumat, 12 Juli 2024 – 20:10 WIB
Pertamina Grup Bantu Kelompok Hidroponik Sehati di Dumai untuk Manfaatkan Energi Hijau - JPNN.COM
Kelompok Hidroponik Sehati di Kota Dumai binaan KPI berhasil membudidayakan selada dan sawi melalui media tanam hidroponik. Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, DUMAI - Pertamina Grup melalui subholding PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) - Unit Dumai dan Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) melalui subholdingnya menjalankan program Desa Energi Berdikari (DEB) dengan membangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) untuk mendukung kebutuhan energi di masyarakat desa.

Seperti yang dikembangkan di Kelompok Sehati, salah satu kelompok masyarakat binaan KPI berhasil membudidayakan selada dan sawi melalui media tanam hidroponik.

Kelompok ini mampu menghasilkan puluhan kilogram sayuran dalam satu bulan dari 'Green House' masing-masing anggota kelompok.

Kelompok ini merupakan kelompok kesehatan ibu dan buah hati (Sehati) dari Kelurahan Tanjung Palas, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai.

“Sejak tahun 2022, tepatnya bulan November, kami mulai budidaya tanaman hidroponik berkat dorongan dan pembinaan yang diberikan PT KPI Unit Dumai,“ kata Yani, salah satu anggota kelompok sehati sebagai pegiat hidroponik

Lewat budidaya hidroponik, Yani merasakan banyak manfaat, mulai dari pemenuhan kebutuhan pangan sehari-hari, penguatan gizi dalam kegiatan posyandu kelompok sehati hingga membantu perekonomian sekitar Rp 1 juta setiap bulannya.

Sebagai informasi, hidroponik telah menjadi tren pertanian di era modern dengan memanfaat lahan sempit yang ada pekarangan rumah.

Model pertanian semacam ini semakin diminati sejak terjadinya masa pandemi Covid-19, terlebih hasil budidaya tanaman hidroponik dapat menjadi tambahan mata pencaharian sehingga sering dimanfaatkan oleh masyarakat.

Pertamina Grup membantu Kelompok Hidroponik Sehati di Dumai untuk memanfaatkan energi hijau melalui pembangunan PLTS

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close