Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pertamina International Shipping jadi Pelopor Penggunaan Kapal Dual-fuel

Senin, 14 Oktober 2024 – 03:04 WIB
Pertamina International Shipping jadi Pelopor Penggunaan Kapal Dual-fuel - JPNN.COM
Kapal-kapal yang dioperasikan PT Pertamina International Shipping (PIS) sebagian besar sudah memanfaatkan biofuel. Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina International Shipping (PIS) semakin memantapkan komitmen mencapai nol emisi lebih cepat, dengan menargetkan pengurangan emisi hingga 978 kiloton CO2 pada 2030.

Salah satu langkah kunci dalam pencapaian ini adalah dengan menambah armada baru yang berteknologi dual-fuel dan penggunaan bahan bakar hijau yang ramah lingkungan.

Target tersebut disampaikan oleh Direktur Perencanaan Bisnis PIS Eka Suhendra dalam forum Gastech 2024 yang berlangsung di Texas, Amerika Serikat.

Target dekarbonisasi jangka panjang tersebut sesuai dengan rencana mencapai nol emisi pada 2050.

Langkah ini sejalan dengan rencana besar yang ditetapkan oleh International Maritime Organization (IMO) dan Paris Agreement terkait perubahan iklim.

Target nol emisi ini menjadikan perusahaan 10 tahun lebih awal dari target yang ditetapkan oleh pemerintah Republik Indonesia pada 2060.

“Kami menyadari industri shipping berkontribusi signifikan terhadap emisi karbon global, terutama dari pembakaran bahan bakar kapal. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk mengurangi dampak negatif tersebut dengan mengimplementasikan berbagai inovasi dan teknologi terbaru, termasuk mengadopsi bahan bakar hijau seperti LPG, LNG, dan amonia,” ucap Eka.

Lebih dari 50% kapal yang dioperasikan oleh PIS kini mampu menggunakan biofuel atau bahan bakar hijau.

Lebih dari 50% kapal yang dioperasikan oleh PIS kini mampu menggunakan biofuel atau bahan bakar hijau.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA