Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pertamina & Petronas Gantikan Shell di Blok Masela, Engelina: Bangun Industri Petrokimia di Maluku!

Rabu, 26 Juli 2023 – 11:12 WIB
Pertamina & Petronas Gantikan Shell di Blok Masela, Engelina: Bangun Industri Petrokimia di Maluku! - JPNN.COM
Direktur Archipelago Solidarity Foundation, Dipl.-Oek. Engelina Pattiasina. Foto: dok pribadi Engelina

jpnn.com - JAKARTA - PT Pertamina (Persero) melalui anak perusahaan PT Pertamina Hulu Energi (PHE) menandatangani perjanjian jual beli untuk akuisisi kepemilikan Shell Upstream Overseas Services (I) Limited (SUOS) di Blok Masela pada 25 Juli 2023.

Direktur Archipelago Solidarity Foundation, Dipl.-Oek. Engelina Pattiasina mengapresiasi langkah Pertamina tersebut.

Namun, Engelina Pattiasina meminta pemerintah untuk mempersiapkan pengembangan industri Petrokimia dan turunannya di Maluku.

“Pertama kita bersyukur dan mengapresiasi sikap pemerintah atau Pertamina yang mengambil alih saham Shell, tetapi ada pekerjaan besar di depan untuk mengembangkan industri gas di Maluku. Begitu start harus memikirkan industri di sana,” ujar Engelina Pattiasina dalam keterangnya di Jakarta, Rabu (26/7).

Lebih lanjut Engelina menyebutkan, dari informasi yang ada, 65 persen saham dikuasai Inpex Jepang, sedangkan 35 persen yang sebelumnya dikuasai Shell kini 20 persen telah dikuasai PHE dan 15 persen Petronas.

“Pertamina harus membuktikan bisa mengelola sumber daya alam sendiri. Pertamina lahir dari rongsokan puing Pangkalan Brandan dan terbukti bisa.”

“Jadi, tidak masuk akal kalau sekarang justru Pertamina tidak mampu mengelola sumber minyak dan gas sendiri,” tegas Putri Pelopor Pertamina Almarhum Brigjen TNI JM Pattiasina itu.

Engelina mengatakan, sebenarnya Pertamina sudah membuktikan dan berhasil melakukan rancang bangun dan mengelola pembangunan kilang LNG darat di Arun, Bontang, Tangguh dan Donggi- Senoro.

Pertamina & Petronas akuisisi 35% saham Shell di Blok Masela Engelina Pattiasina meminta pemerintah membangun industri Petrokimia dan turunannya di Maluku.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close