Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pertamina SMEXPO Yogyakarta Berdayakan UMKM Lokal

Sabtu, 31 Agustus 2024 – 14:34 WIB
Pertamina SMEXPO Yogyakarta Berdayakan UMKM Lokal - JPNN.COM
Penyelenggaraan Pertamina SMEXPO merupakan salah satu dukungan pembinaan UMKM yang dilakukan oleh Pertamina. Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, YOGYAKARTA - Sebanyak 30 lapak kerajinan lokal dan jajanan tradisional berderet di bawah joglo-joglo dengan riasan bambu dalam kawasan Plaza Ngasem, Kraton, Yogyakarta.

Mereka merupakan usaha mikro kecil, dan menengah (UMKM) lokal binaan Pertamina yang telah dikurasi untuk menjajakan produknya dalam pameran Pertamina Small Medium Enterprise Expo (SMEXPO) Yogyakarta 2024.

Produk-produk ramah lingkungan juga dipamerkan termasuk furnitur dari pelepah pisang milik “Agromina Fiber”, aksesoris daur ulang sampah “Sawokecik”, abon menggunakan bahan nabati milik “Abon Daun Emas”, dan kain ecoprint milik “Kulia Inspiration”.

Direktur SDM PT Pertamina, Erry Sugiharto mengungkapkan SMEXPO merupakan salah satu program strategis Pertamina di bidang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang fokus dalam pemberdayaan UMKM.

"Untuk menggali potensi yang dimiliki seluruh UMKM binaan Pertamina, secara khusus, Pertamina SMEXPO 2024 kali ini mengusung tema Lokal jadi VOKAL, sebagai langkah untuk meningkatkan kualitas UMKM, baik produk, pengelolaan bisnis hingga jaringan pemasaran sehingga UMKM lokal dapat diakui sebagai pelaku bisnis berdaya saing tinggi di lingkup nasional maupun global,” ujar Erry.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Sugeng Purwanto dalam sambutan Pembukaan SMEXPO 2024 mengucapkan terima kasih kepada Pertamina melalui Pertamina Foundation yang telah memberikan dukungan bagi UMKM Jogja.

Pertamina memiliki beragam program pembinaan UMKM yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi UMKM, seperti UMK Academy dan PFpreneur.

Selain talkshow, para pengunjung Pasar Ngasem juga antusias mengikuti workshop ecoprint yang diisi langsung oleh Juni Noor Hastuti dari “Matahari Craft”.

Pertamina SMEXPO 2024 kali ini mengusung tema Lokal jadi VOKAL, sebagai langkah untuk meningkatkan kualitas UMKM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA