Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pertanyaan Rakyat Setelah Iuran BPJS Kesehatan Naik, Iki Karepe Piye Pak Jokowi?

Kamis, 14 Mei 2020 – 22:29 WIB
Pertanyaan Rakyat Setelah Iuran BPJS Kesehatan Naik, Iki Karepe Piye Pak Jokowi? - JPNN.COM
Presiden Jokowi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesian Public Institute Karyono Wibowo menilai publik akan meragukan keberpihakan pemerintah era Joko Widodo (Jokowi) ke rakyat kecil, karena menaikkan iuran BPJS Kesehatan.

Publik, kata Karyono, tentu tidak terima alasan apa pun yang diungkapkan pemerintah, untuk menaikkan iuran BPJS Kesehatan.

"Ini akan mengusik perasaan banyak orang dan bertanya-tanya dalam hati, lho iki karepe piye pak Jokowi?" kata Karyono dalam pesan singkatnya kepada jpnn.com, Kamis (14/5).

Menurut Karyono, publik tentu bakal kecewa dengan Jokowi atas kenaikan iuran BPJS Kesehatan.

Terlebih lagi, iuran itu naik pada saat rakyat merasa susah akibat terdampak pandemi coronavirus disease 2019 (COVID-19).

"Pamor Jokowi berpotensi menurun drastis di periode kedua pemerintahannya. Para pembantu presiden perlu ditertibkan agar tidak menjadi beban presiden terus menerus," ucap dia.

Seharusnya, kata Karyono, pemerintah dapat melihat substansi putusan Mahkamah Agung (MA) bernomor 7/P/HUM/2020, sebelum menaikkan iuran BPJS Kesehatan.

Putusan MA itu yakni membatalkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 75 Tahun 2019 tentang Jaminan Kesehatan yang mengatur kenaikan iuran BPJS Kesehatan pada Januari 2020.

Iuran BPJS Kesehatan naik pada saat rakyat merasa susah akibat terdampak pandemi covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close