Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pertumbuhan KPR Melambat, Bunga KPR Naik

Banyak Properti Akan Dijual Murah

Jumat, 28 November 2008 – 08:49 WIB
Pertumbuhan KPR Melambat, Bunga KPR Naik - JPNN.COM
SURABAYA - Krisis global mempengaruhi semua sektor, terutama perbankan. Iman Supriyono Managing Partner SNF Consulting mengatakan karena bunga tinggi akan banyak debitor berguguran karena tidak mampu membayar kredit.  Kata Iman, saat ini adalah momentum yang tepat bagi orang-orang yang memiliki dana segar untuk melakukan investasi. Terutama "Tapi perlu diingat, membeli rumah maupun saham, merupakan bentuk investasi jangka panjang. Dan ini hanya bisa dilakukan dengan uang yang bukan untuk keperluan operasional bisnis maupun kehidupan. Sebab, jika memakai uang operasional dan krisis tidak kunjung reda, bisa-bisa kolaps,"ujarnya.

Konsultan keuangan ini memprediksi, pertumbuhan KPR (kredit pemilikan rumah) akan melambat. Sementara Direktur REDI Indra .N Fauzi mengatakan sebenarnya pertumbuhan KPR dalam 2 tahun terakhir di atas rata-rata pertumbuhan kredit perbankan nasional, yakni 33 persen. ''Ini karena rata-rata pertumbuhan kredit perbankan nasional 25 persen-30 persen. Beberapa bank malahan ada yang outstanding KPR lebih dari 57 persen,'' ujarnya.

Sampai triwulan ketiga tahun ini, pertumbuhan outstanding kredit konsumsi lebih dari 34 persen. Pertumbuhan outstanding KPR mendekati 34 persen. Pangsa pasar KPR terhadap kredit konsumsi terus meningkat.

pertumbuhan KPR pada 2009 akan melambat. Indra memperkirakan pertumbuhan KPR di tahun 2009 akan turun 10-15 persen. Kualitas kredit akan menurun karena non performing loan (NPL) KPR meningkat dan kemampuan membayar nasabah semakin rendah.(luq/fan)

SURABAYA - Krisis global mempengaruhi semua sektor, terutama perbankan. Iman Supriyono Managing Partner SNF Consulting mengatakan karena bunga tinggi

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close