Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Perubahan Iklim Dapat Menyebabkan Komoditas Kopi jadi Langka

Kamis, 08 September 2022 – 12:51 WIB
Perubahan Iklim Dapat Menyebabkan Komoditas Kopi jadi Langka - JPNN.COM
Acara Pasar Kopi - Indonesian Coffee Market & Coffee History Exhibition, yang berlangsung pada 1-7 September 2022. Foto source for jpnn.com

jpnn.com, AMSTERDAM - Perubahan Iklim dapat menyebabkan komoditas kopi menjadi langka.

Permasalahan ini diangkat dalam talk show di Amsterdam di acara Pasar Kopi - Indonesian Coffee  Market & Coffee History Exhibition, yang berlangsung pada 1-7 September 2022.

Analisis Stockholm Environment Institute baru-baru ini menyatakan perubahan iklim dapat mengurangi produksi kopi Arabika global sebesar 45,2% dan produksi Robusta global sebesar 23,5%.

Hasil penelitian menunjukkan tanaman kopi akan kurang cocok untuk dibudidayakan di daerah penghasil kopi saat ini pada 2050, karena dampak perubahan iklim.

Direktur Climate Reality Indonesia Amanda Katili mengatakan perubahan iklim memerlukan pendekatan dua arah, yaitu mengurangi penyebabnya.

Sehingga manusia dapat membatasi tingkat perubahan, dan beradaptasi dengan konsekuensinya sehingga lebih mudah untuk hidup dengan dampaknya.

Paparan para nara sumber di Amsterdam menunjukkan bahwa para pemangku kepentingan, termasuk pelaku di industri kopi berupaya melaksanakan berbagai aksi iklim.

Ini mengacu pada serangkaian kegiatan, mekanisme, maupun instrumen kebijakan yang bertujuan untuk mengurangi tingkat keparahan perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia dan dampaknya.

Tanaman kopi akan kurang cocok untuk dibudidayakan di daerah penghasil kopi saat ini pada 2050, karena dampak perubahan iklim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close