Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Perusahaan Tambang Australia Gunakan Sistem Otomatis di Afrika

Kamis, 09 Agustus 2018 – 14:00 WIB
Perusahaan Tambang Australia Gunakan Sistem Otomatis di Afrika - JPNN.COM

Sebuah perusahaan tambang asal Australia Resolute Mining sedang membangun pertambangan bawah tanah otomatis yang semuanya digerakkan oleh mesin akan segera memulai produksi di Afrika.

Seluruh sistem bernilai $US 223 juta di pertambangan emas Syama di Mali akan diselesaikan akhir tahun, dengan semua peralatan, mulai dari truk pengangkut, pengebor dan kendaraan lainnya tidak akan dikendarai oleh manusia, namun dikontrol oleh sistem jarak jauh.

Resolute Mining yang berkantor di Perth (Australia Barat) mengatakan yang akan menjadi korban dari model pertambangan baru ini adalah para pekerja asing yang selama ini dibayar mahal.

Saat ini tambang tersebut mempekerjakan 1500 orang dengan 80 diantaranya adalah pekerja profesional asing.

"Daripada memfokuskan diri pada pembuatan sumur untuk desa setempat atau memberikan buku, kami akan memfokuskan diri untuk meningkatkan kemampuan, pelatihan dan memberdayakan tenaga kerja lokal." kata Direktur Pelaksana Resolute John Welborn.

Apa yang sedang dilakukan Resolute Mining ini dibeberkan dalam Forum Peralatan Pertambangan yang sedang dilangsungkan di Kalgoorlie-Boulder, kawasan yang secara tidak resmi disebut ibukota pertambangan emas Australia.

Sistem otomatis sudah lama dilakukan di industri pertambangan di kawasan yang kaya dengan biji besi di Austalia Barat, Pilbara, namun kemajuan teknologi sekarang digunakan untuk menangani pertambangan bawah tanah.

Perusahaan Tambang Australia Gunakan Sistem Otomatis di Afrika Photo: Direktur Pelaksana Resolute Mining John Welborn. (ABC Goldfields-Esperance: Jarrod Lucas)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close