Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pesan Indah dari Paus Fransiskus untuk Orang yang Takut Menghadapi Kegagalan dalam Hidup

Jumat, 06 September 2024 – 00:35 WIB
Pesan Indah dari Paus Fransiskus untuk Orang yang Takut Menghadapi Kegagalan dalam Hidup - JPNN.COM
Pemimpin tertinggi umat Katolik sedunia, Sri Paus Fransiskus saat memimpin misa di GBK. Foto: dok. KWI

jpnn.com, JAKARTA - Sri Paus Fransiskus memimpin misa suci akbar bersama sekitar 85.000 umat Katolik yang datang dari seluruh Indonesia di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta pada Kamis (5/9).

Dalam homilinya, Paus mengungkapkan sebuah pesan indah menguatkan untuk semua orang yang takut menghadapi risiko kegagalan dalam hidup.

Awalnya Paus Fransiskus menjelaskan tentang Injil Lukas yang menulis tentang kisah Yesus naik perahu bersama rasulnya Petrus mengarungi laut untuk menebar jala dan menangkap ikan. Dalam ayat di bacaan injil  tersebut menulis bagaimana Petrus yang mengeluhkan tidak mendapatkan ikan saat menebar jalanya. Dia menjadi putus asa.

Namun, Yesus meminta Petrus untuk kembali menebarkan jalanya dan menghadapi risiko yang akan dihadapinya. Mukjizat pun terjadi, jala yang ditebar Petrus di laut bisa mendapatkan banyak ikan.

Dalam hal ini, menurut Paus Fransiskus, Yesus mengajak semua manusia untuk berani menebarkan jala dalam menghadapi kehidupan, terutama untuk umat Katolik agar menebar jala berupa injil dan cinta kasih pada dunia.

 “Dia  memanggil kita untuk berani menebarkan jala injil ke lautan dunia. Sabda-Nya mengundang kita untuk membuka jalan kehidupan, melepaskan diri dari kebiasaan-kebiasaan buruk, dari rasa takut, dan berani menalani kehidupan baru,” tutur Kepala Negara Vatikan tersebut.

Paus Fransiskus mengingatkan bahwa manusia tak perlu tinggal dalam rasa hampa dan merasa terhalang oleh kegagalan. Menurutnya, semua bisa seperti Petrus yang mencoba kembali bangkit dari kegagalan dan akhirnya menuai keberhasilan.

“Tentu saja selalu akan ada kesulitan-kesulitan dan alasan-alasan untuk mengatakan tidak. Marilah kita melihat sekali lagi sikap Petrus: datang dari satu malam yang sulit ketika Ia tidak menangkap apa-apa, lelah dan kecewa, tetapi, daripada tinggal seolah-olah dilumpuhkan di dalam rasa hampa atau terhalang oleh kegagalannya sendiri, dia berkata: ‘Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan kami tidak menangkap apa-apa. Tetapi atas perintah-Mu aku akan menebarkan jala juga’ Kemudian, sesuatu yang mengejutkan terjadi, yakni mukjizat penuhnya perahu dengan ikan sampai hampir tenggelam. Melalui kerendahan hati dan iman yang sama seperti Petrus, kita juga diminta untuk tidak tetap menjadi tawanan dalam kegagalan kita,” ujar Paus Fransiskus. (flo/jpnn)

Dalam homilinya, Paus Fransiskus mengungkapkan sebuah pesan indah menguatkan untuk semua orang yang takut menghadapi risiko kegagalan dalam hidup.

Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA