Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pesan Tegas Bu Menkeu untuk Bea Cukai demi Genjot Distribusi Vaksin Covid-19

Jumat, 29 Januari 2021 – 23:56 WIB
Pesan Tegas Bu Menkeu untuk Bea Cukai demi Genjot Distribusi Vaksin Covid-19 - JPNN.COM
Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati meminta jajaran Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) bergerak cekatan dalam mendukung distribusi vaksin COVID-19.

Menurutnya, langkah itu penting untuk menekan penyebaran virus penyebab pandemi global itu.

“Fasilitas di bidang medis dalam hal ini vaksin perlu dipersiapkan dengan baik oleh Bea Cukai dan lembaga lain agar bisa terwujud distribusi vaksin terbesar dan tercepat di dunia yang pernah ada,” katanya dalam virtual gathering Bea Cukai di Jakarta, Jumat (29/1).

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu menambahkan, kebijakan pemberian fasilitas fiskal dan prosedural harus dilanjutkan guna meringankan impor bahan baku untuk mendukung produksi produk lokal.

Selain itu, SMI -inisial kondangnya- juga mendorong operasi logistik nasional melalui Ekosistem Logistik Nasional yang baru-baru ini diluncurkan. Tujuannya ialah menciptakan ekosistem logistik yang lebih efisien, sederhana, terjangkau, dan transparan.

Menurut SMI, platform digital memfasilitasi kolaborasi sistem informasi antara pemerintah dan sektor swasta untuk menyederhanakan dan menyinkronkan alur informasi dan dokumen ekspor atau impor di pelabuhan serta perdagangan domestik melalui pertukaran data.

Sementara Direktur Jenderal Bea Cukai Heru Pambudi mengatakan, saat ini jajarannya memiliki peran krusial dalam mempercepat pembebasan barang terkait penanganan COVID-19, antara lain obat-obatan dan vaksin.

“Keberhasilan operasi kepabeanan saat ini terletak pada penerapan proses digital clearance, dan manajemen risiko yang efisien,” kata Heru.

Menkeu Sri Mulyani Indrawati mendorong Bea Cukai perlu mempersiapkan fasilitas bidang medis demi mempercepat distribusi vaksin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close