Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Peringati International Customs Day, Heru Pambudi: Peran Bea Cukai Makin Krusial di Masa Pandemi

Jumat, 29 Januari 2021 – 18:51 WIB
Peringati International Customs Day, Heru Pambudi: Peran Bea Cukai Makin Krusial di Masa Pandemi - JPNN.COM
Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi menggelar virtual gathering dalam rangka memperingati International Customs Day. Heru menegaskan peran Bea Cukai yang makin krusial di masa pandemi Covid-19. Foto: Bea Cukai.

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan Heru Pambudi menggelar virtual gathering bersama World Customs Organization (WCO) dalam rangka memperingati International Customs Day (ICD) setiap 26 Januari.

Acara yang digelar secara daring pada Jumat (29/1) itu dihadiri Menteri Keuangan Sri Mulyani, Sekretaris Jenderal WCO Kunio Mikuriya, perwakilan Regional Office for Capacity Building (ROCB) Asia/Pacific, Regional Intelligence Liaison Office (RILO) Asia/Pacific, serta para Atase Bea Cukai negara sahabat.

Peringatan ICD tahun ini bertajuk “Customs Bolstering Recovery, Renewal and Resilience for Sustainable Supply Chain”.

Menurut Heru, tema tersebut diangkat untuk mendukung upaya administrasi pabean dalam membantu sumber daya manusia (SDM) dan perekonomian keluar dari krisis akibat pandemi Covid-19.

Yakni dengan mengamankan rantai pasokan global, memperkuat kolaborasi, memanfaatkan teknologi dan penempatan SDM sebagai pusat dari proses transformasi.

“Pada masa pandemi, peran Bea Cukai makin krusial, karena diharapkan dapat mempercepat pembebasan barang terkait Covid-19 antara lain obat-obatan dan vaksin. Keberhasilan operasi kepabeanan saat ini terletak pada penerapan proses digital clearance, dan manajemen risiko yang efisien,” kata Heru dalam sambutannya selaku WCO Asia/Pacific Vice Chair.

Heru menuturkan, tahun ini adalah momentum untuk bangkit.

Ia menegaskan bila mampu melewati masa krisis ini dengan baik, pihaknya akan lebih siap dalam menjawab tantangan masa depan dan menjadi lebih tangguh.

Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi menyatakan peran BC makin krusial di masa pandemi Covid-19. Bea Cukai diharapkan dapat mempercepat pembebasan barang terkait Covid-19, seperti obat-obatan dan vaksin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close