Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pesantren di Era Bonus Demografi: Kaesang dan Gebrakan Pendidikan yang Progresif

Oleh: Sayyid Alfa

Sabtu, 16 Desember 2023 – 11:54 WIB
Pesantren di Era Bonus Demografi: Kaesang dan Gebrakan Pendidikan yang Progresif - JPNN.COM
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep bertemu dengan Habib Luthfi bin Yahya di Pekalongan. ANTARA/HO-PSI

jpnn.com - Indonesia, sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim, memiliki sejarah panjang dalam pendidikan Islam, salah satunya melalui pondok pesantren.

Pondok pesantren tidak hanya menjadi lembaga pendidikan, tetapi juga pusat pengembangan karakter, moral, dan spiritual bagi para santri.

Di tengah bonus demografi yang tengah dialami oleh Indonesia, Ketua Partai Solidaritas Indonesia, Kaesang Pangarep, melihat peluang besar untuk berkontribusi dalam mengatasi tantangan yang dihadapi pondok pesantren di era ini.

Badan Pusat Statistik (BPS) telah memperkirakan, Indonesia akan menikmati era bonus demografi pada tahun 2020-2035. Pada masa tersebut, jumlah penduduk usia produktif diproyeksi berada pada grafik tertinggi sepanjang sejarah.

Era bonus demografi itu juga ditandai dengan dominasi jumlah penduduk usia produktif (15-64 tahun) atas jumlah penduduk tidak produktif (usia 0-14 tahun dan 65+), yang bisa dilihat dari angka rasio ketergantungan yang rendah.

Rasio ketergantungan sendiri merupakan perbandingan antara jumlah penduduk usia tidak produktif dengan jumlah penduduk usia produktif.

Bonus demografi, yang merujuk pada proporsi besar penduduk usia produktif dalam suatu negara, memberikan potensi besar untuk pertumbuhan ekonomi dan pembangunan.

Namun, untuk mengoptimalkan potensi ini, diperlukan investasi dalam pendidikan.

Pesantren dalam menyikapi perkembangan zaman, tentunya memiliki komitmen untuk tetap menyuguhkan pola pendidikan yang mampu melahirkan SDM handal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close