Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Pesawat Kuba Jatuh, 68 Penumpang Tewas

Sabtu, 06 November 2010 – 20:21 WIB
Pesawat Kuba Jatuh, 68 Penumpang Tewas - JPNN.COM
HAVANA - Kecelakaan fatal melibatkan pesawat terbang komersial terjadi di Kuba. Kemarin pagi (5/11), pesawat penumpang milik maskapai AeroCaribbean itu jatuh dan lantas terbakar di perbukitan dekat Desa Guasimal di Provinsi Sancti Spiritus. Sebanyak 61 penumpang dan tujuh kru pesawat bernomor penerbangan 883 itu tewas.

"Sebanyak 40 warga Kuba dan 28 warga asing yang menumpang pesawat tersebut tewas," terang pemerintah provinsi (pemprov) dalam pernyataan tertulis seperti dilansir Associated Press. Warga asing yang dimaksud adalah penumpang asal Eropa, Amerika Latin dan Asia. Mereka terdiri dari sembilan warga Argentina, tujuh warga Meksiko, tiga warga Belanda, dua warga Jerman, dua warga Austria serta masing-masing seorang warga Prancis, Italia, Spanyol, Venezuela dan Jepang.

Otoritas Penerbangan Sipil Kuba menyatakan, pesawat nahas itu kehilangan kontak dengan menara kendali sebelum menabrak perbukitan. Pesawat itu bertolak dari Kota Santiago de Cuba menuju Kota Havana pada Kamis sore waktu setempat (4/11). Sekitar pukul 17.42 waktu setempat, pesawat melapor berada dalam kondisi darurat. Sesaat kemudian, komunikasi menara kendali dengan pesawat terputus.

Diduga kuat, saat komunikasi terputus itulah pesawat menabrak perbukitan dan langsung terbakar. Beberapa jam kemudian, Otoritas Penerbangan Sipil Kuba melaporkan bahwa pesawat mengalami kecelakaan dan tidak ada satu penumpang pun yang selamat. Lewat situs cubadebate.cu, pemerintah komunis di Kepulauan Karibia itu menyebut kecelakaan Kamis petang tersebut sebagai tragedi penerbangan terburuk Kuba dalam kurun 21 tahun terakhir.

loading...