Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pesemaian Permanen Karangpring Jember Mampu Produksi 1,5 Juta Bibit Gratis

Jumat, 13 September 2019 – 13:33 WIB
Pesemaian Permanen Karangpring Jember Mampu Produksi 1,5 Juta Bibit Gratis - JPNN.COM
Pesemaian permanen Karangpring, Jember, Jawa Timur. Foto: Elfany Kurniawan.JPNN.com

jpnn.com, JEMBER - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Direktorat Perbenihan Tanaman Hutan (PTH) telah melaksanakan kegiatan pembagian bibit gratis kepada masyarakat. Kegiatan ini sudah dimulai sejak 2010 silam dan terus berlangsung hingga sekarang.

Salah satunya yang dilakukan di pesemaian permanen Karangpring, Jember, Jawa Timur. Pesemaian yang berdiri sejak 2013 ini telah membagikan bibit gratis ke puluhan kabupaten di Jawa Timur.

Hery Andrianto selaku manajer pesemaian Karangpring, Jember, mengatakan, mulanya mereka hanya bisa menghasilkan 700 ribu bibit dalam setahun.

“Kemudian kami menaikkan target menjadi satu juta bibit dalam setahun. Lalu jadi 1,2 juta dan sekarang 1,5 juta bibit,” ujar Hery di Jember, Kamis (12/7).

Menurut Hery, meningkatnya produksi ini karena dukungan dari Pemkab Jember yang meminjamkan lahan untuk perluasan pesemaian.

Hery menuturkan, dari 1,5 juta bibit, satu jutanya adalah sengon. Dia mengakui masyarakat sangat berminat terhadap bibit sengon.

“Kami di sini ada 27 jenis bibit, tapi kebanyakan memang permintaan adalah sengon. Menurut masyarakat selain mudah perawatan, untuk menjual hasil kayu sengon juga tidak susah, karena langsung ada pengepul di setiap kecamatan,” sambungnya.

Dalam setiap produksi, Hery mengaku selalu melakukan perencanaan. Sehingga, bibit yang diproduksi bisa langsung disalurkan.

KLHK melalui Direktorat PTH telah melaksanakan kegiatan pembagian bibit gratis kepada masyarakat yang sudah dimulai sejak 2010 dan terus berlangsung hingga sekarang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close