Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Peserta UN Bertindak Irasional, FSGI Salahkan Mendikbud

Ritual-ritual Mistis Bukti Kemunduran Bangsa

Sabtu, 13 April 2013 – 10:21 WIB
Peserta UN Bertindak Irasional, FSGI Salahkan Mendikbud - JPNN.COM
JAKARTA - Mulai bermunculannya permasalahan dalam rangkaian pelaksanaan Ujian Nasional (UN) mulai menuai kritik. Salah satunya dari Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI). Perkumpulan para guru ini menilai pelaksanaan UN diwarnai kemunduran berfikir.

Sekjen FSGI Retno Listyarti mengatakan, persoalan tidak hanya pada hal teknis seperti pendistribusian soal, namun juga pada persiapan siswa dan sekolah yang mulai diwarnai aktifitas yang bersifat irasional berupa ritual-ritual bernuansa mistik. Misalnya mandi kembang, minum minuman yang dipercaya bisa meluluskan, pergi ke paranormal dan lain-lain.

"Ritual UN yang saya baca di berita, di mana berbagai hal tidak rasional dilakukan banyak pihak (selain doa-doa bersama). Ini menunjukkan bangsa ini malah mundur. Bukannya semakin cerdas, malah menjadi semakin irasional," kata Retno saat berbincang dengan jpnn.com, Sabtu (13/4).

Dia menilai cara-cara irasional ini dilakukan siswa dan sekolah tersebut karena mereka merasa tidak yakin dengan kemampuan diri dalam menghadapi UN. Akibatnya mereka lari ke cara-cara yang justru irasional.

JAKARTA - Mulai bermunculannya permasalahan dalam rangkaian pelaksanaan Ujian Nasional (UN) mulai menuai kritik. Salah satunya dari Federasi Serikat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA