Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Petani Tebu Nganjuk Minta Ganjar Membenahi Impor Gula saat jadi Presiden

Jumat, 12 Januari 2024 – 19:52 WIB
Petani Tebu Nganjuk Minta Ganjar Membenahi Impor Gula saat jadi Presiden - JPNN.COM
Ganjar Pranowo. Foto: Tim Media Ganjar

jpnn.com - NGANJUK - Calon presiden bernomor urut 3 Ganjar Pranowo menerima keluhan petani tebu saat berkunjung ke Nganjuk, Jawa Timur, Jumat (12/1).

Persoalan impor gula menjadi problem serius. Akibat impor gula besar-besaran, harga tebu jatuh dan banyak yang tak terserap pabrikan.

"Pak Ganjar, kalau Bapak jadi presiden tolong perhatikan soal impor gula. Tolong hitung betul kebutuhan dalam negeri dan stok dari hasil panen dari petani tebu rakyat," ujar Ketua Asossiasi Petani Tebu Rakyat PG Tjoekir M Yahya.

Dia mengatakan, selama ini impor gula tak mempertimbangkan hasil pertanian tebu rakyat. Menurutnya, saat kebutuhan gula dalam negeri sebesar lima juta ton, impor yang dilakukan sebanyak tujuh juta ton. Artinya, kuota impor melebihi kebutuhan dalam negeri.

"Ini kan membuat tebu rakyat tidak laku di pasaran, Pak. Kelebihan gula di Indonesia ini yang akan menjatuhkan harga tebu rakyat," katanya.

Yahya berharap, pemerintah mengutamakan gula dalam negeri hasil para petani tebu untuk memenuhi kebutuhan. Jika memang kurang, baru impor dilakukan dan jumlahnya sesuai kebutuhan.

"Tolong, Pak, kalau Bapak jadi presiden, tolong soal impor gula ini dibenahi. Kasihan petani kecil," tuturnya.

Ganjar sepakat dengan hal itu. Menurutnya, problem di Indonesia yang mendesak diselesaikan adalah soal data. Data impor gula misalnya, harus diperbaiki agar kebijakan itu benar-benar tepat sasaran dan tidak merugikan.

Ganjar Pranowo menerima keluhan petani tebu saat berkunjung ke Nganjuk, Jawa Timur. Begini ceritanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close