Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Peter Dutton dan Scott Morrison Akan Perebutkan Jabatan PM Australia

Kamis, 23 Agustus 2018 – 10:00 WIB
Peter Dutton dan Scott Morrison Akan Perebutkan Jabatan PM Australia - JPNN.COM

Krisis kepemimpinan di tubuh partai yang memerintah di Australia, Partai Liberal tampaknya semakin dalam.

Mantan menteri dalam negeri Peter Dutton telah mengajukan tantangan kedua bagi pemilihan suara guna menentukan siapa ketua Partai Liberal, dan sejauh ini PM Turnbull menolak tantangan tersebut.

Dalam sistem politik Australia, siapa yang menjadi Ketua Partai berkuasa otomatis menjadi Perdana Menteri.

Dan dalam perkembangan terbaru, Menteri Keuangan Scott Morrison akan menantang Peter Dutton bagi jabatan ketua partai tersebut, setelah banyak anggota partai Liberal tidak lagi mendukung Malcolm Turnbull.

Salah seorang pendukung Morrison mengatakan bahwa Malcolm Turnbull akan melepaskan posisinya sebagai Ketua Partai sehingga Morrison bisa mencalonkan diri.

Perubahan drastis terjadi ketika Ketua Partai Liberal di Senat Mathias Cormann yang memimpin rombongan beberapa menteri kabinet memindahkan dukungan dari Turnbull ke Dutton.

Senator Cormann dan dua menteri lainnya Mitch Fifield dan Michaelia Cash telah mengatakan kepada Turnbull bahwa dia harus mundur dan mereka mundur juga sebagai menteri.

Menteri Perdagangan Steven Ciobo, Menteri Kesehatan Greg Hunt, Menteri Urusan Kewarganegaraan Alan Tudge, Menteri Keamanan Siber Angus Taylor dan Menteri Layanan Sosial Michael Keenan sudah menerbitkan surat pengunduran diri mereka secara terbuka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA