Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PGRI Ungkap Hasil Survei Pendapat Guru tentang UN

Sabtu, 14 Desember 2019 – 15:20 WIB
PGRI Ungkap Hasil Survei Pendapat Guru tentang UN - JPNN.COM
Siswa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Sekolah Menengah Atas (SMA) 70 Bulungan, Jakarta, Senin (1/4/). Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Ketua PB PGRI (Pengurus Besar Persatuan Guru Indonesia) Didi Suprijadi menyebut pihaknya mendukung rencana penghapusan ujian nasional (UN) yang digulirkan Mendikbud Nadiem Makarim. Namun, PGRI meminta kajian lengkap sebelum UN resmi dihapuskan.

"‎Kami dari PGRI setuju-setuju saja, tetapi harus hati-hati juga," ujar Didi dalam diskusi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (14/12).

PGRI, kata Didi, telah melakukan survei terkait rencana penghapusan UN. Hasilnya, sebanyak 70 persen guru menolak UN menjadi syarat utama kelulusan siswa.

"Setelah ditanya (guru) seluruh Indonesia, 70 persen minta dihapus (sistem UN). Itu kami riset dari tahun 2012," ucap dia.

Didi menuturkan, PGRI pernah menyampaikan hasil survei kepada Kemendikbud. Saat itu, Kemendikbud masih dipimpin oleh Muhammad Nuh. Hanya saja, Didi merasa binggung survei PGRI tidak ditindaklanjuti.

Justru, lanjut dia, survei PGRI dijawab oleh Kemendikbud saat dipimpin oleh Nadiem Makarim.

"Jadi itu sudah disampaikan ke Mendikbud era Pak SBY. Jadi, memang membangun UN ini bagi guru agak susah-susah gampang," tutur dia.

Sebelumnya Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud Totok Suprayitno mengatakan Ujian Nasional akan diganti dengan sistem penilaian yang mengedepankan penalaran.

PB PGRI sudah menyerahkan hasil survei pendapat guru terhadap Ujian Nasional alias UN ke kemendikbud di era Mendikbud Muhammad Nuh.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close