Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pikul Lumpia

Oleh: Dahlan Iskan

Kamis, 08 Agustus 2024 – 07:33 WIB
Pikul Lumpia - JPNN.COM
Dahlan Iskan. Foto/ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - TIDAK semua event diakui sebagai event nasional. Tahun ini arak-arakan Dewa Cheng Ho dinyatakan sebagai event nasional.

Yang menyatakan: Kementerian Pariwisata. Minggu pagi lalu. Yang menyerahkan sertifikatnya: Nia Niscaya. Dia pejabat tinggi di Kementerian Pariwisata –mewakili Menteri Sandi Uno. Dia satu-satunya wanita berjilbab di Kelenteng Sam Poo Kong yang penuh manusia hari itu.

Maka, banyak yang mengira penyelenggara acara tahunan ini adalah Kelenteng Sam Poo Kong. Tidak salah. Finis arak-arakan itu memang di kelenteng tersebut.

Baca Juga:

Namun, penyelenggara yang sebenarnya adalah: Kelenteng Tay Kak Sie di Jalan Lombok, Semarang. Dari kelenteng Jalan Lombok itu pula arak-arakan dimulai (lihat Disway: Pikul Lumpia).

Yang diarak adalah Dewa Cheng Ho. Juga, abu dari Kelenteng Tay Kak Sie. Itulah abu hio yang dibakar di kelenteng itu selama setahun. Abu ditaruh dalam satu bejana. Bejana ditaruh di dalam tandu. Tandu dipikul empat orang.

Saya cari-cari pilihan: setelah memikul tandu Cheng Ho, saya akan memikul apa lagi. Yang tidak seberat tandu Dewa Cheng Ho. Saya lihat ada tandu yang beroda. Ditarik satu orang dan didorong beberapa orang.

Baca Juga:

Saya pun minta izin ke yang lagi tarik tandu itu. Disilakan. Maka, ganti saya yang jadi "kuda". Sama sekali tidak perlu tenaga. Dorongan dari belakang terlalu bertenaga. Justru kaki saya sering menjadi rem. Agar tidak menabrak barisan di depan kami: barisan tabuh-tabuhan.

Kereta yang saya tarik itu bermuatan abu hio dari Kelenteng Besar Tay Kak Sie. Abu hio yang saya bakar malam sebelumnya tentu tidak termasuk dalam bejana yang saya tarik.

TIDAK semua event diakui sebagai event nasional. Tahun ini arak-arakan Dewa Cheng Ho dinyatakan sebagai event nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Film

    Mulai Syuting, Film Horor Pernikahan Arwah Angkat Cerita Tradisi Tionghoa

    Selasa, 06 Agustus 2024 – 18:24 WIB
    Mulai Syuting, Film Horor Pernikahan Arwah Angkat Cerita Tradisi Tionghoa - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Momentum Tol

    Selasa, 06 Agustus 2024 – 06:33 WIB
    Momentum Tol - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Tanah Timbul

    Minggu, 04 Agustus 2024 – 06:32 WIB
    Tanah Timbul - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Rahasia Haniyeh

    Sabtu, 03 Agustus 2024 – 08:06 WIB
    Rahasia Haniyeh - JPNN.com