Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pilih Ahok atau Anies? Empat Isu Ini Ikut Menentukan

Kamis, 13 April 2017 – 19:17 WIB
Pilih Ahok atau Anies? Empat Isu Ini Ikut Menentukan - JPNN.COM
Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Ardian Sopa dalam paparan tentang elektabilitas Cagub DKI 2017 di Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (13/4). Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Ardian Sopa mengungkapkan, ada empat isu penting yang bisa memengaruhi suara pemilih di Pilkada DKI Jakarta 2017. Hal itu merupakan temuan survei LSI selama 7-10 April 2017

Isu pertama yang berpengaruh adalah tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat selaku petahana. Menurut Ardian, 73 persen responden LSI sangat puas dengan kinerja duet yang beken dengan sebutan Ahok-Djarot itu.

"Sebagian besar masyarakat masih puas dengan kinerja Ahok-Djarot," kata Ardian saat memaparkan hasil survei LSI di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (13/4).

Namun, katanya, tingkat kepuasan ternyata tak berbanding lurus pada elektabilitas. Sebab, elektabilitas Ahok-Djarot justru lebih rendah dibanding duet Anies Baswedan-Sandiaga Uno yang menjadi penantang.

Sedangkan isu kedua adalah agama. Namun, kata Ardian, saat ini posisi Ahok-Djarot cukup diuntungkan seiring semakin surutnya sentimen agama.

"Ini isu menguntungkan Ahok. Trennya mengalami penurunan," imbuhnya.

Yang ketiga adalah status hukum para kandidat. Sebab, mayoritas warga DKI tak rela punya gubernur tersangka.

"Masih ada 55,4 persen responden tidak rela jika dipimpin gubernur tersangka. Ini relatif menguntungkan Anies-Sandi," paparnya.

Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Ardian Sopa mengungkapkan, ada empat isu penting yang bisa memengaruhi suara pemilih di Pilkada DKI Jakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close