Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pilih Opsi Pelat Hitam Haram Nikmati BBM

Kamis, 25 November 2010 – 07:57 WIB
Pilih Opsi Pelat Hitam Haram Nikmati BBM - JPNN.COM
JAKARTA -- Pemerintah masih intensif menggodok opsi mana yang bakal diterapkan dalam kebijakan pembatasan BBM bersubsidi yang diberlakukan mulai awal tahun depan. Namun, dari dua opsi yang disiapkan untuk diajukan ke DPR, pemerintah cenderung pada opsi kedua, yakni seluruh mobil pelat hitam dilarang membeli BBM subsidi.

Menurut Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Darwin Zahedy Saleh, opsi mengharamkan seluruh mobil pelat hitam membeli BBM subsidi dinilai lebih mudah pelaksanaannya di lapangan dan dapat menghemat uang negara lebih besar. ’’Opsi yang melarang semua mobil pelat hitam membeli BBM subsidi, tentu lebih besar penghematannya dan pelaksanaannya lebih mungkin (mudah),’’ kata Darwin usai membuka acara Forum Komunikasi Keselamatan Migas di Jakarta, kemarin.

Perlu diketahui, Menko Perekonomian Hatta Rajasa sebelumnya mengungkapkan, ada dua opsi penghematan BBM bersubsidi yang masih butuh pertimbangan DPR. Pertama, semua mobil  pelat hitam dilarang menggunakan BBM subsidi. Kedua, semua mobil pelat hitam dengan tahun pembuatan 2005 ke atas dilarang menggunakan BBM subsidi.

Terkait waktu pelaksanaan yang rencananya mulai 1 Januari 2011, menurut Darwin, pemerintah bersemangat melakukan hal tersebut. Kendati demikian, tentunya harus dibahas bersama DPR terlebih dahulu. Darwin menjelaskan, kebijakan penghematan BBM bersubsidi harus dilakukan untuk menghemat uang negara serta mempertajam sasaran yaitu hanya pihak-pihak yang berhak dapat menikmati BBM bersubsidi.

JAKARTA -- Pemerintah masih intensif menggodok opsi mana yang bakal diterapkan dalam kebijakan pembatasan BBM bersubsidi yang diberlakukan mulai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close