Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pilkada Medan Dijadwalkan Mei 2010

Jumat, 04 September 2009 – 03:58 WIB
Pilkada Medan Dijadwalkan Mei 2010 - JPNN.COM
MEDAN- Setelah dua kali dipimpin pejabat sementara wali kota, pertengahan tahun depan Kota Medan dipastikan memiliki wali kota dan wakil wali kota defenitif. Kendati di atas kertas, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Medan menjadwalkan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Mei pada Mei 2010. Pemilihan itu akan dilaksanakan bersamaan berakhirnya masa jabatan wali kota dan wakil wali kota pada Juli 2010.

Hal itu diungkapkan Anggota KPUD Medan Divisi Hukum dan Humas Pandapotan Tamba kepada Sumut Pos (Grup JPNN) , Kamis (3/9). Menurut Tamba, dalam UU No. 12 Tahun 2008 tentang Perubahan UU Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah disebutkan bahwa 30 hari sebelum masa jabatan kepala daerah berakhir, KPUD wajib melaksanakan pemungutan suara.

'KPUD merancang sekitar bulan Mei. Ini sudah kita pertimbangkan matang-mantang,' katanya. Menurut Tamba, penetapan ini juga mengantisipasi apabila terjadinya dua putaran Pilkada, sehingga dapat diantisipasi putaran kedua di bulan Juni 2010.

Dengan demikian, menurut Tamba, tahapan Pilkada akan dimulai sekitar Nopember 2009 karena enam bulan sebelum pemungutan suara sudah dilakukan tahapan Pilkada sesuai peraturan KPU tentang tahapan Pilkada.

MEDAN- Setelah dua kali dipimpin pejabat sementara wali kota, pertengahan tahun depan Kota Medan dipastikan memiliki wali kota dan wakil wali kota

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA