Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pimpinan Komisi VI DPR RI Ingatkan BUMN soal Stok Vaksin Covid-19

Rabu, 26 Mei 2021 – 11:16 WIB
Pimpinan Komisi VI DPR RI Ingatkan BUMN soal Stok Vaksin Covid-19 - JPNN.COM
Wakil Ketua Komisi VI DPR Martin Manurung. Foto: M Fathra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung menilai stok vaksin Covid-19 yang tersedia saat ini dirasa masih belum bisa dikatakan aman.

Sebab, dengan jumlah masyarakat yang harus divaksin minimal 181 juta orang untuk mencapai kekebalan kawanan (herd immunity), maka dibutuhkan stok vaksin sejumlah 362 juta untuk 2 kali penyuntikan tiap orang.

Hal itu diungkapkan Martin dalam rapat kerja Komisi VI DPR RI dengan Holding Farmasi BUMN (PT Bio Farma (Persero) Tbk, PT Kimia Farma (Persero) Tbk dan PT Indofarma (Tbk), Selasa (25/5).

Menurut dia, pengalaman Indonesia di awal Pandemi Covid-19 yang terkesan tidak siap telah membuat kapasitas testing dan tracing tidak maksimal.

Kondisi itu pula yang membuat banyaknya terjadi pembatasan sosial untuk menekan laju penularan Covid-19 seperti saat Idulfitri yang lalu.

Martin Manurung lantas membandingkan dengan negara Rusia yang sudah melakukan PCR test sebanyak 135 juta untuk jumlah penduduk sekitar 144 juta jiwa.

Dengan data tersebut, kata legislator Partai NasDem itu, Rusia dapat mengelola pandemi di negara mereka dengan pembatasan yang tidak lagi perlu terlalu ketat.

"Manajemen pandemi seperti itu yang harus dilakukan dengan baik sehingga tidak perlu banyak pembatasan-pembatasan yang ketat," ujar Martin.

Martin Manurung juga mengingatkan semua pihak untuk bergotong royong dalam mewujudkan target vaksinasi Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close