Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pita Hitam di Lengan Para Perawat: Kami Penuh dengan Luka

Minggu, 19 April 2020 – 13:40 WIB
Pita Hitam di Lengan Para Perawat: Kami Penuh dengan Luka - JPNN.COM
Para perawat menggunakan pita hitam sebagai bentuk dukacita atas meninggalnya rekan sejawat karena terpapar COVID-19. Foto: Antara/Tangkapan layar Youtube BNPB Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Para perawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso menggunakan pita hitam sebagai bentuk dukacita terhadap rekan sejawat yang meninggal akibat terpapar Corona (COVID-19).

"Kami sempat memberikan pita hitam saat bekerja sebagai bentuk duka kami kepada teman-teman sejawat," ujar perawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, Nurdiansyah saat membagikan pengalamannya di Graha BNPB Jakarta, Minggu (19/4).

Nurdiansyah mengatakan, banyak rekan sejawatnya yang meninggal seiring bertambahnya jumlah kasus pasien COVID-19 yang harus dirawat di rumah sakit.

Adapun perawat yang meninggal karena COVID-19 tertulari dari pasien langsung atau dari pasien yang tidak jujur pada gejala gangguan kesehatannya. Ada juga yang terpapar di luar rumah sakit.

"Di bulan-bulan ini kami penuh dengan luka, angka teman-teman perawat yang positif sudah semakin banyak, terus angka yang meninggal juga banyak," ujar dia.

Nurdiansyah mengatakan, tenaga kesehatan, baik perawat maupun dokter berada di lini paling belakang, masih bisa terinfeksi walaupun sudah dilakukan pencegahan secara maksimal dalam menangani pasien.

Ia berpesan tidak hanya pemerintah, namun seluruh lapisan masyarakat untuk aktif melakukan pencegahan COVID-19 mengikuti anjuran serta aturan yang sudah ditetapkan.

"Tolong lakukan pencegahan. Satu-satunya solusi COVID-19 adalah pencegahan. Jadilah garda terdepan, karena garda terdepan adalah masyarakat yang artinya kami semua," ujar Nurdiansyah. (antara/jpnn)

Perawat di RSPI Sulianti Saroso menggunakan pita hitam sebagai bentuk dukacita terhadap rekan yang meninggal akibat terpapar Corona.

Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Dahlan Iskan

    Jaga Hati

    Rabu, 24 April 2024 – 07:07 WIB
    Jaga Hati - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Zeni

    Sabtu, 13 April 2024 – 08:46 WIB
    Zeni - JPNN.com
  • Hukum

    Kadinkes Sumut Ditahan Jaksa terkait Korupsi APD Rp 24 Miliar

    Rabu, 13 Maret 2024 – 21:13 WIB
    Kadinkes Sumut Ditahan Jaksa terkait Korupsi APD Rp 24 Miliar - JPNN.com
  • Humaniora

    Akademisi UI Terbitkan Buku Evaluasi Efektivitas PPKM dalam Penanganan Pandemi Covid-19

    Senin, 11 Maret 2024 – 14:19 WIB
    Akademisi UI Terbitkan Buku Evaluasi Efektivitas PPKM dalam Penanganan Pandemi Covid-19 - JPNN.com
X Close