Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pj Gubernur Jateng: Penyuluh Pertanian Berperan Tingkatkan Produktivitas Petani

Jumat, 02 Agustus 2024 – 20:15 WIB
Pj Gubernur Jateng: Penyuluh Pertanian Berperan Tingkatkan Produktivitas Petani - JPNN.COM
Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana saat Rakor Penambahan Areal Tanam (PAT), Pompanisasi dan Pembinaan Penyuluh Pertanian Provinsi Jateng di Balai Diponegoro, Makodam IV/Diponegoro, Jumat (2/8/2024). Foto: Humas Pemprov Jateng

jpnn.com, SEMARANG - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Nana Sudjana menyebut peran penyuluh pertanian dinilai penting untuk meningkatkan produktivitas petani.

Hal itu disampaikan Nana dalam Rakor Penambahan Areal Tanam (PAT), Pompanisasi dan Pembinaan Penyuluh Pertanian Provinsi Jateng di Balai Diponegoro, Makodam IV/Diponegoro, Jumat (2/8).

Pj Gubernur Jateng: Penyuluh Pertanian Berperan Tingkatkan Produktivitas Petani

"Sebagai penyuluh dan pembimbing para petani harus mampu meningkatkan peran. Berikan penyuluhan dan pendampingan kepada petani agar hasil pertanian lebih baik," ujar Nana.

Menurut Nana, Indonesia sebagai negara agraris harus mampu mencukupi kebutuhan pangannya secara mandiri. Dengan meningkatkan produktivitas, harapannya bisa mewujudkan swasembada pangan.

"Kita harapkan bangsa Indonesia mampu untuk mencukupi pangannya, mencukupi padi yang menjadi kebutuhan pokok," tutur Nana di hadapan 500 penyuluh pertanian yang hadir.

Dia menjelaskan bahwa berbagai langkah telah dilakukan guna mencapai swasembada pangan. Antara lain, meningkatkan ketersediaan air irigasi untuk percepatan olah tanah dan tanam, pompanisasi, serta meningkatkan Penambahan Areal Tanam (PAT) padi.

Nana mengatakan peran penyuluh pertanian di garis depan untuk menyosialisasikan dan membimbing para petani guna menyukseskan program-program yang telah disusun dinilai efektif.

Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana mengatakan penyuluh pertanian berperan penting meningkatkan produktivitas pertanian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA