Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PKS: Implementasi Regulasi Perizinan Kehutanan Harus Ketat

Rabu, 02 September 2020 – 22:42 WIB
PKS: Implementasi Regulasi Perizinan Kehutanan Harus Ketat - JPNN.COM
Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PKS Andi Akmal Pasluddin. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPR RI, Andi Akmal Pasluddin mendorong Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan agar makin menerapkan prinsip kehati-hatian dalam proses pelepasan kawasan hutan dan pemberian Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan.

Kekayaan Negara Indonesia seperti sumber daya mineral berupa nikel, timah, dan emas menurut Akmal telah menggoda beberapa pihak pelaku usaha pertambangan untuk melakukan eksplorasi hingga eksploitasi. Begitu juga Suburnya alam ini yang memancing pelaku usaha perkebunan yang malas mengolah lahan melakukan pembukaan kawasan hutan yang seharusnya terlarang.

“Kekayaan negara kita ini, bila dikelola secara ceroboh akan menimbulkan bencana sangat besar. Sumber awalnya ada pada regulasi. Bila tidak memakai prinsip hati-hati, maka bencana di masa datang telah menunggu. Untuk itu, para penyusun RUU Omnibuslaw, terutama pihak pemerintah, mesti memperhatikan betul persoalan perizinan. Jika perizinan Kendor, peluang kebobolan makin besar,” ucap Akmal.

Politikus PKS ini menyoroti hingga saat ini masih banyak kegiatan perkebunan dan pertambangan ilegal yang menyasar areal hutan. Dengan kondisi regulasi yang cukup ketat saja, para oknum perusak hutan berani melakukan aktivitas pemicu bencana demi keuntungan sesaat. Bila regulasi semakin longgar, akan tidak terbayang semakin beraninya pihak-pihak tidak bertanggung jawab merusak hutan Indonesia.

Akmal mencontohkan, di negara luar, Kerusakan hutan Amazon pemicu utamanya akibat penambangan ilegal. Kerusakan hutan ini terpantau satelit yang  dapat disaksikan dari luar angkasa. Dengan dikenalnya Indonesia sebagai negara yang kaya akan potensi sumber daya alam logam mineralnya sekaligus kesuburan tanahnya yang rerata berada di areal hutan, akan makin memancing pencari kekayaan dengan merusak alam.

"Pemerintah dapat membina masyarakat adat sekitar hutan, selain mengedukasi agar melakukan aktivitas mencari nafkah di hutan dengan cara yang ramah lingkungan, sekaligus menjadi penjaga hutan dari orang-orang tak bertanggung jawab. Perhutanan Sosial mesti diperkuat dalam regulasi Omnibuslaw,” kata Akmal.

Legislator asal Sulawesi Selatan II ini menekankan meskipun Sektor pertambangan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah, tetapi ada kepastian akan rusaknya lingkungan. Meminimalisasi kerusakan yang disebabkan oleh aktivitas pertambangan perlu upaya keras sehingga  izin menjalankan usaha dan beroperasi sesuai dengan standarisasi pengolaan limbah.

“Komisi IV DPR RI telah sepakat untuk membentuk Panitia Kerja (Panja) Penggunaan dan Pelepasan Kawasan Hutan. Fraksi PKS berharap ada kesinambungan implementasi pencegahan kerusakan hutan ini dengan pengawasan yang ketat. Tegasnya aturan yang tajam ke pelanggar besar harus dilakukan. Jangan rakyat kecil yang di eksekusi, sedangkan orang yang melakukan pelanggaran berat malah dibiarkan,” ujar Andi Akmal Pasluddin.(jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Anggota DPR RI, Andi Akmal Pasluddin mendorong Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan agar makin menerapkan prinsip kehati-hatian dalam proses pelepasan kawasan hutan dan pemberian Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan.

Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA