Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PKS Nilai MK Tidak Adil

Kamis, 18 Januari 2018 – 15:50 WIB
PKS Nilai MK Tidak Adil - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid di Bengkulu, Kamis (21/12). Foto: Humas MPR

jpnn.com, JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) siap menjalani verifikasi faktual calon peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Partai pimpinan Sohibul Iman ini menghormati putusan MK yang menyatakan tahapan tersebut wajib dijalankan.

"Prinsipnya PKS siap untuk melaksanakan apa yang menjadi ketentuan umum," kata Wakil Ketua Majelis Syura PKS Hidayat Nurwahid di gedung parlemen, Jakarta, Kamis (18/1).

Hanya saja, Hidayat tetap mengkritik MK. Menurut Hidayat, di satu sisi MK ingin memenuhi keadilan untuk partai politik baru terkait verifikasi faktual. Namun di sisi lain, MK tetap memutuskan presidential threshold (PT) 20 persen.

Dia menjelaskan dalam pasal 6a ayat 2 UUD 1945, presiden dan wakil presiden dicalonkan partai politik atau gabungan padpol peserta pemilu.

"MK membuat putusan pemilu bareng pileg mereka partai baru atau tidak lolos elektoral threshold, dengan adanya presidential threshold 20 persen otomatis mereka tidak bisa mencalonkan. Adil nggak? Nggak kan?" katanya.

Namun, sekali lagi Hidayat menegaskan bahwa ini sudah menjadi putusan MK yang sesuai UUD final dan mengikat sehingga harus dijalankan.

"Kalau saya ingatkan agar MK berlaku sesuai dengan syarat kepada anggotaan MK yakni negarawan. Karena itu MK harus sesuai dengan semuanya," ujar wakil ketua MPR itu. (boy/jpnn)

Wakil Ketua Majelis Syura PKS Hidayat Nurwahid melihat MK tidak konsisten dalam menyikapi ketentuan pemilu

Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close