Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PNM Dukung Nasabah Petani Kopi Dongkrak Kualitas Produk hingga Tembus Ekspor

Sabtu, 24 Agustus 2024 – 15:29 WIB
PNM Dukung Nasabah Petani Kopi Dongkrak Kualitas Produk hingga Tembus Ekspor - JPNN.COM
Nasabah PNM Didik Suryadi, seorang petani kopi asal Situbondo yang memiliki kedai dengan nama Waroeng Kopi Kayumas berkesempatan mengikuti program pelatihan dan riset kopi yang diinisiasi oleh Kedutaan Besar Italia di Jakarta. Foto: Dokumentasi PNM

jpnn.com, JAKARTA - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) mendukung petani kopi meningkatkan skill dan pengetahuannya dalam mengembangkan kopi lokal.

Sekretaris Perusahaan PNM L. Dodot Patria Ary mengatakan potensi nasabah binaan PNM untuk dapat mendongkrak volume perdagangan Indonesia ke mancanegara melalui penjualan kopi sangat besar.

Sebab, kopi telah menjadi produk ekspor unggulan Indonesia yang diminati oleh berbagai kalangan.

Namun, Dodot menilai belum banyak petani kopi lokal yang menyadari perlunya memperluas jejaring untuk dapat mendongkrak penjualan usaha skala mikro dan ultra mikro.

Oleh karena itu, dia mengimbau petani kopi lokal untuk terus meningkatkan kapasitas diri dan produknya agar mampu memenuhi standar ekspor.

“Kopi lokal Indonesia sudah banyak dilirik dan digemari masyarakat negara lain. Sehingga penting untuk mempersiapkan diri, berpartisipasi untuk semakin mengenalkan kopi khas nusantara dan kunci pertamanya ada di para petani lokal,” ungkap Dodot.

Salah satu nasabah PNM Didik Suryadi, seorang petani kopi asal Situbondo yang memiliki kedai dengan nama Waroeng Kopi Kayumas berkesempatan mengikuti program pelatihan dan riset kopi yang diinisiasi oleh Kedutaan Besar Italia di Jakarta.

Hal ini bukan hanya bermanfaat bagi peningkatan pengetahuannya, melainkan berpotensi menunjang hubungan kerja sama bilateral antara Indonesia dan Italia di bidang kopi.

PNM mendukung petani kopi meningkatkan skill dan pengetahuannya dalam mengembangkan kopi lokal untuk mendongkrak kualitas produk hingga tembus ekspor

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA