Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pola Kemitraan Terbukti Tingkatkan Produktivitas Sawit

Rabu, 28 Oktober 2020 – 21:04 WIB
Pola Kemitraan Terbukti Tingkatkan Produktivitas Sawit - JPNN.COM
Ilustrasi perkebunan kelapa sawit.Foto: ANTARA/KPK

jpnn.com, JAKARTA - Asosiasi Petani Kelapa Sawit Perusahaan Inti Rakyat (ASPEKPIR) mendukung pola kemitraan dengan sistem manajemen tunggal yang dilakukan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) V terhadap para petani plasma di Riau.

Ketua Umum ASPEKPIR Setiyono mengatakan, kemitraan petani plasma bersama PTPN V, mampu mendukung tingkat produktivitas petani plasma hingga di atas rata-rata produktivitas nasional.

Dukungan itu disampaikan pada acara penanaman perdana bibit unggul kelapa sawit yang dilakukan PTPN V, di lahan seluas 720 hektar perkebunan sawit rakyat, Kabupaten Siak, Riau.

Saat ini, rata-rata produksi tandan buah segar (TBS) di kebun sawit petani plasma mitra PTPN V, telah mencapai 23-24 ton TBS/hektare per tahun.

Jumlah tersebut, jauh di atas standar Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) sebesar 19 ton TBS/hektar pertahun.

Menurut Setiyono, kunci keberhasilan PTPN V dalam meningkatkan produksi TBS di kebun sawit petani plasma, terutama adalah adanya transparansi dan komitmen perusahaan dalam mengelola kebun sawit serta manfaat nyata yang diterima petani plasma.

“Kemitraan antara petani dengan perusahaan dibangun dengan pola transparansi di semua hal. Mulai dalam hal penyusunan anggaran pembangunan kebun, serta transparansi biaya yang ditawarkan ke petani. Bahkan, biaya pengelolaan kebun sawit PTPN V berada di bawah standar pemerintah. Hal itulah yang membuat petani mempercayakan proses peremajaan, perawatan, dan pengelolaan kebun sawit ke PTPN V,” ucap Setiyono dalam keterangannya, Rabu (28/10).

Diketahui, dalam bermitra dengan petani plasma, PTPN V menerapkan pola single management/manajemen tunggal. Kendati demikian, dalam pengelolaan kebun sawit, terutama pada proses peremajaan sawit, mulai penebangan sawit renta, pembersihan lahan, penanaman bibit sawit unggul tersertifikasi, pemeliharaan hingga panen, PTPN V tetap melibatkan para petani.

ASPEKPIR mendukung pola kemitraan dengan sistem manajemen tunggal yang dilakukan PTPN V terhadap petani plasma di Riau.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close