Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Polda Metro Jaya Hapus Tilang Uji Emisi, PSI DKI: Polisi Jangan Malas!

Selasa, 12 September 2023 – 21:55 WIB
Polda Metro Jaya Hapus Tilang Uji Emisi, PSI DKI: Polisi Jangan Malas! - JPNN.COM
Pelaksaan uji emisi di Perumahan Pesona Khayangan Depok. Foto/ilustrasi: Sarlantas Depok, Jabar

jpnn.com, JAKARTA - Polda Metro Jaya meniadakan tilang uji emisi kendaraan. Keputusan tersebut diambil karena sanksi tilang dinilai tak efektif.

Menanggapi hal itu, Anggota DPRD DKI dari Fraksi PSI Justin Adrian Untayana mengatakan mestinya polisi tidak seolah malas dengan meniadakan begitu saja tilang terhadap kendaraan yang tak lolos uji emisi.

Terlebih, sampai hari ini Jakarta masih menjadi kota dengan udara terburuk di dunia.

"Polisi jangan malas. Sebagai intitusi penegak hukum harusnya memperbaiki citranya sendiri dengan melakukan hal yang benar, bukan hal yang mudah,” ucap Justin dalam keterangannya, Selasa (12/9).

Menurut dia, terlalu dangkal pemikiran yang beranggapan bahwa tilang kendaraan yang tidak lolos emisi ini tak secara langsung berdampak signifikan terhadap polusi.

Polisi, kata dia, harus terbiasa bekerja keras dan konsisten dalam menegakkan aturan, apalagi saat ini dalam kondisi darurat polusi.

"Memang melakukan penindakan tilang terhadap kendaraan tidak lolos emisi memerlukan energi yang lebih, tapi dana hibah dari APBD DKI kepada Institusi Kepolisian seingat saya juga tidak kecil di setiap tahunnya,” kata dia.

Anggota Komisi D DPRD DKI ini menilai hampir setiap masalah di DKI sangat kompleks, sehingga satu masalah saja, harus diselesaikan dengan beberapa solusi bukan cuma satu atau dua penyelesaian.

Polda Metro Jaya meniadakan tilang uji emisi kendaraan. Keputusan tersebut diambil karena sanksi tilang dinilai tak efektif.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close