Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Polisi Akan Gunakan Drone Awasi Kemacetan dan Unjuk Rasa, Uji Coba Pekan Ini

Rabu, 17 Maret 2021 – 16:48 WIB
Polisi Akan Gunakan Drone Awasi Kemacetan dan Unjuk Rasa, Uji Coba Pekan Ini - JPNN.COM
Polisi akan gunakan Drone untuk mengawasi kemacetan dan unjuk rasa. Foto: Radar Jogja

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya bakal melakukan uji coba penggunaan pesawat tanpa awak atau drone untuk memantau situasi lalu lintas di wilayah Jakarta.

Pesawat tanpa awak ini juga bakal dipakai untuk mengamati kerusuhan saat unjuk rasa. Uji coba penggunaan drone ini akan bakal dilakukan pada Sabtu (20/3).

"Kami juga akan menguji coba drone untuk mengamati situasi lalu lintas bila terjadi kemacetan yang cukup panjang," kata Sambodo kepada wartawan, Rabu (20/3).

Lebih lanjut, Kombes Sambodo menambahkan, kemacetan yang dimaksud ialah karena unjuk rasa, kecelakaan lalu lintas, dan perbaikan jalan.

"Misalnya ada unjuk rasa, laka, perbaikan jalan seberapa panjang, kemacetan, ruas jalan mana saja yang padat nanti bisa terpantau oleh drone itu," ujarnya.

Lebih jauh, Sambodo menambahkan, drone ini bisa digunakan untuk melaporkan tindak kriminal yang ada di jalan. 

Drone itu, nantinya akan mengirim gambar yang akan ditindak lanjuti oleh petugas. 

"Kalau terjadi tindakan anarkis jadi drone itu bisa meng-capture orang-orang bisa nge-Zoom yang melakukan tindakan-tindakan anarkis sehingga nanti dari situ kami bisa ketahui identitasnya," ucapnya.

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya bakal melakukan uji coba penggunaan pesawat tanpa awak atau drone untuk memantau situasi lalu lintas di wilayah Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close