Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Polisi Lokalisir Demo Ribuan Massa KNPB

Kamis, 16 Juni 2016 – 05:42 WIB
Polisi Lokalisir Demo Ribuan Massa KNPB - JPNN.COM
Polisi melarang massa KNPB tanpa izin gelar aksi demo ke DPR Papua. Foto: Cederawasih Pos

JAYAPURA - Niat ribuan massa Komite Nasional Papua Barat (KNPB) menyampaikan aspirasi mereka ke DPR Papua, Rabu (15/6), tidak kesampaian. Aparat kepolisian yang telah diturunkan sejak pagi, melokalisar massa.

Namun KNPB tetap menggelar aksi demo damai

Dari pantauan Cenderawasih Pos, massa KNPB di wilayah Waena dan Abepura yang telah berkumpul sejak pagi untuk menyampaikan aspirasi ke DPR Papua tidak diizinkan oleh aparat Kepolisian. Sehingga ribuan massa ini hanya bisa beroras di pertigaan lampu merah Abepura. Aksi demo di pertigaan lampu merah Abepura ini berlangsung dari pukul 09.00 WIT hingga pukul 18.30 WIT.

Beberapa pendemo terdengar mempertanyakan sikap mendua polisi karena pada demo pada tanggal 2 Juni lalu bisa diijinkan untuk sampai ke DPRP. “Apa yang berbeda, sama-sama menyampaikan aspirasi tapi yang satu diperbolehkan sementara kami tidak, ada apa ini,” ujar salah satu orator.

Kondisi yang sama juga terjadi di wilayah Distrik Jayapura Utara. Massa KNPB dari wilayah Angkasa Pura dan Yapis Dok V yang hendak melakukan long march ke gedung DPR Papua, tidak mendapat izin dari aparat kepolisian. Akibatnya massa KNPB ini hanya bisa berkumpul di Yapis Dok V Atas.

Kapolsek Jayapura Utara AKP. Wehelmus Ayomi, mengakui bahwa massa pendemo dari KNPB ini akan tetap dilokalisir di Yapis Dok V Atas, dan tidak akan diberikan kesempatan untuk melakukan aksi long march ke kantor DPRP Papua karena tidak mendapat izin. 

“Kami tetap melokalisir mereka di depan Yapis. Mereka tidak kami izinkan untuk melakukan aksi demo ke DPRP sesuai dengan instruksi pimpinan. mereka hanya boleh melakukan orasi di tempat yang kami lokalisir,” jelasnya saat ditemui Cenderawasih Pos di Yapis Dok V Atas. 

Saat massa KNPB tidak bisa tembus menyampaikan aspirasi mereka ke DPRP, ratusan massa pro kemerdekaan Papua Barat sempat tiba di gedung DPR Papua. Namun lagi-lagi massa ini gagal masuk ke gedung DPRP karena tidak diperkenankan oleh aparat Kepolisian yang berjaga-jaga. 
Karena tidak bisa masuk ke gedung DPRP, ratusan massa ini akhirnya berorasi di Taman Imbi. 

loading...