Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Polisi Tangkap Penjual dan Pembeli Senjata Api Rakitan

Kamis, 20 Juli 2023 – 22:53 WIB
Polisi Tangkap Penjual dan Pembeli Senjata Api Rakitan - JPNN.COM
Wakapolres Jember Kompol Hendry Ibnu Indarto (tengah) menunjukkan barang bukti senjata api rakitan yang disita dalam konferensi pers yang digelar di Mapolres Jember, Kamis (20/7/2023). (ANTARA/HO-Polres Jember)

jpnn.com, JEMBER - Penjual dan pembeli senjata api rakitan ilegal SN (66) dan PW (43) ditangkap aparat Polres Jember.

Keduanya berprofesi sebagai petani dan merupakan warga Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

"Kami menerima informasi dari masyarakat terkait dengan rencana transaksi senjata api rakitan di Kecamatan Balung, sehingga kami menindaklanjuti informasi itu," kata Wakapolres Jember Kompol Hendry Ibnu Indarto dalam konferensi pers, Kamis.

Menurutnya, PW bersama temannya SH yang kini masih buron membeli senjata api rakitan tanpa dilengkapi surat-surat dan dokumen resmi melalui perantara SN seharga Rp 5,2 juta dan senjata tersebut didapat dari GH yang juga masih dalam daftar pencarian orang (DPO).

"Pembeli PW dan SH baru membayar Rp 3,9 juta kepada SN. Dari hasil penjualan itu, SN mendapat komisi Rp 300 ribu. Kami menangkap SN di Banyuwangi setelah mengembangkan keterangan dari PW," tuturnya.

Berdasarkan keterangan tersangka, lanjut dia, senjata api rakitan itu belum digunakan sama sekali karena rencananya PW akan menjual kembali senjata yang dibeli dari SN.

Dia menjelaskan polisi juga menyita senjata api pistol jenis revolver rakitan kaliber 22 dan 12 butir amunisi dari tangan tersangka yang dijadikan barang bukti dalam kasus tersebut.

"Atas perbuatannya, kedua petani yang berbisnis senjata api rakitan ilegal itu dijerat Pasal 1 ayat (1) Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 dengan ancaman penjara seumur hidup atau hukuman setinggi-tingginya 20 tahun penjara," katanya. (antara/jpnn)

Petugas polisi masih memburu dua orang penjual dan pembeli senjata api rakitan ilegal.

Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close