Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Politeknik Pelayaran Sumbar Menggelar Tracer Study

Jumat, 08 Juli 2022 – 23:40 WIB
Politeknik Pelayaran Sumbar Menggelar Tracer Study - JPNN.COM
Para taruna dan taruni dari Politeknik Pelayaran Sumatera Barat. Foto dok Humas Poltekpel Sumbar

jpnn.com, SUMATERA BARAT - Kampus Kementerian Perhubungan, Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sumatera Barat menggelar evaluasi hasil tracer study.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Djoko Sasono, mengatakan racer study atau yang sering disebut sebagai survey alumni merupakan salah satu instrumen penting dalam continuous improvement di Pendidikan Tinggi.

Ini merupakan salah satu metode yang dibutuhkan untuk bisa memperbaiki dua arah, yaitu pendidikan dan user lulusan.

“Pendidikan Tinggi dapat melakukan pelacakan alumni dan memperoleh umpan balik dari alumni untuk perbaikan serta pengembangan kualitas dan sistem pendidikan,” kata Djoko.

Umpan balik ini bisa bermanfaat pula bagi instansi Pendidikan Tinggi untuk memetakan dunia usaha dan industri agar jeda di antara kompetensi yang diperoleh alumni saat kuliah dengan tuntutan dunia kerja dapat diperkecil

Tracer study ini dapat dijadikan sebagai database alumni dan pengguna lulusan yang terdata berdasarkan program studi dan angkatan, sebagai masukan/informasi penting bagi pengembangan perguruan tinggi.

Manfaat tracer study tidaklah terbatas pada perguruan tinggi saja, tetapi lebih jauh lagi bisa memberikan informasi penting mengenai hubungan (link) antara dunia pendidikan tinggi dengan dunia kerja professional dan menilai relevansi pendidikan tinggi.

Sementara itu, Direktur Poltekpel Sumatera Barat, Capt. Wisnu Risianto mengatakan tracer study ini dapat ikut membantu mengatasi permasalahan kesenjangan kesempatan kerja dan upaya perbaikannya.

Racer study atau yang sering disebut sebagai survey alumni merupakan salah satu instrumen penting dalam continuous improvement di Pendidikan Tinggi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close