Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Politeknik Pelayaran Sumbar Ditetapkan Jadi Satker BLU Kemenhub

Jumat, 28 Oktober 2022 – 23:45 WIB
Politeknik Pelayaran Sumbar Ditetapkan Jadi Satker BLU Kemenhub - JPNN.COM
Kementerian Perhubungan. Foto: Natalia Laurens/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Politeknik Pelayaran Sumatera Barat (Poltekpel Sumbar) baru saja ditetapkan sebagai salah satu satker Badan Layanan Umum (BLU) Kementerian Perhubungan.

Direktur Poltekpel Sumbar, Capt. Wisnu Risianto menerima penyerahan penetapan satker BLU secara simbolis bersama dengan tiga pimpinan satker BLU Kemenhub lainnya.

"Kami sangat mengapresiasi hasil penetapan dari Keputusan Menkeu yang telah mengesahkan Poltekpel Sumbar sebagai satker BLU Kemenhub yang baru. Kami berupaya meningkatkan layanan pendidikan dan pelatihan agar bisa memberikan hasil terbaik untuk peningkatan penerimaan negara," ujar Direktur Poltekpel Sumbar.

Selama prosesnya, Poltekpel Sumbar telah mempersiapkan dengan baik teknis persiapan menuju BLU, baik dari segi administratif maupun kebijakan teknis terkait hingga membentuk tim khusus percepatan BLU.

Perencanaan pengelolaan keuangan BLU di Poltekpel Sumbar bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa dengan memberikan fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan berdasarkan prinsip ekonomi dan produktivitas, serta penerapan praktik bisnis yang sehat.

Hal ini sejalan dengan PP No. 25 Tahun 2005, bahwa prinsip-prinsip BLU adalah dengan melakukan kegiatan berupa efisiensi dan produktifitas.

Untuk merealisasikan hal tersebut, diperlukan kelengkapan administratif seperti komitmen pelayanan, tata kelola, rencana strategis, standar pelayanan minimal, dan lain sebagainya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, peran BLU sangat penting dalam membantu memenuhi kebutuhan pendanaan di sektor transportasi, di tengah keterbatasan kemampuan APBN.

Perencanaan pengelolaan keuangan BLU di Poltekpel Sumbar bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam memajukan kesejahteraan umum.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close