Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Polri Cermati Pola Serangan Teroris Mal

Selasa, 24 September 2013 – 07:49 WIB
Polri Cermati Pola Serangan Teroris Mal - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Serangan bersenjata di sebuah mal di Kenya menjadi perhatian khusus bagi Polri. Serangan maut itu bisa saja ditiru oleh kelompok kelompok bersenjata yang ada di Indonesia.

"Kita tingkatkan kewaspadaan. Security di pusat perbelanjaan juga jangan sampai lengah," ujar Kadivhumas Polri Irjen Ronny F Sompie di Jakarta kemarin (23/09).   

Teroris, kata mantan Karowasidik Bareskrim itu selalu berusaha mencari cara cara baru. Mereka juga memanfaatkan kelengahan dari petugas." Kejadian itu harus menjadi perhatian dan kesiapsiagaan kita agar jangan sampai terjadi disini," katanya.

Seperti diketahui,  serangan di Ibukota Kenya Nairobi, menewaskan setidaknya 30 orang seperti diklaim kelompok militan al-Shabaab, yang bertanggung jawab atas serangan itu.

Lebih dari 60 orang terluka, di Westgate Mall di Westlands, 3 kilometer (1,8 mil) barat laut dari pusat kota Nairobi.  Insiden itu adalah serangan teroris mematikan di Kenya sejak 1998, Ketika pemboman Kedubes AS di pusat kota Nairobi menewaskan 213 orang.

Al-Shabaab, sebuah kelompok militan Islam di Somalia mengancam untuk melakukan serangan di Kenya setelah negara itu dikerahkan tentaranya ke Somalia selatan pada Oktober 2011 untuk melawan kelompok itu.

Ronny menegaskan, Polri juga terus berupaya untuk mengungkap aksi propaganda kelompok teror via internet yang menyebarkan cara menyerang ruang-ruang vital negara di perkotaan . Polri juga telah berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) untuk mengungkap para pelaku. "Kami terus berupaya untuk menangkap kelompok itu,"tegasnya.

Di internet beredar manual gerilya perang kota yang mengajarkan detail proses menyerang objek vital.Panduan setebal 112 halaman itu dipublikasikan oleh seseorang yang memakai nama Syarif Ramzan Saluev, dan telah diunduh lebih dari seribu kali.

JAKARTA - Serangan bersenjata di sebuah mal di Kenya menjadi perhatian khusus bagi Polri. Serangan maut itu bisa saja ditiru oleh kelompok kelompok

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA