Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Polri Matangkan Persiapan Pengamanan Upacara HUT Kemerdekaan di IKN

Selasa, 13 Agustus 2024 – 16:34 WIB
Polri Matangkan Persiapan Pengamanan Upacara HUT Kemerdekaan di IKN - JPNN.COM
Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Trunoyudo. Dok: Humas Polri.

jpnn.com, JAKARTA - Polri terus melakukan persiapan pengamanan dalam rangka upacara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu 17 Agustus 2024 mendatang. Persiapan tersebut di antaranya yakni personel hingga kendaraan yang mengawal tamu upacara.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan pengamanan dilakukan dengan bersinergi dengan TNI.

"Kesiapan personel maupun kesiapan materil Polda Kaltim yang tergabung di dalam pelaksanaan kegiatan pengamanan VIP dan VVIP bekerja sama dengan Kodam 6 Mulawarman," kata Trunoyudo di Jakarta, Selasa (13/8).

Trunoyudo menyebut untuk pengamanan VIP dan VVIP Polda Kaltim dan jajaran mengerahkan kekuatan personel berjumlah kurang lebih 1.013 yang terbagi menjadi 7 satgas, dengan Polres Balikpapan maupun Polres PPU melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan.

"Pelaksanaan kegiatan pengamanan VVIP adalah ranah daripada Kodam 6 Mulawarman dan Pangdam selaku Komandan Satgas pengamanan wilayah. Kemudian Bapak Kapolda Kaltim sebagai Wakil Komandan Satgas," ujar dia.

Trunoyudo menambahkan pengamanan bukan hanya dilakukan kepada tamu, tetapi juga upaya pencegahan dan mitigasi bencana alam.

Sedangkan untuk rute perjalanan menuju IKN, dia menjelaskan pihaknya menempatkan personel di simpangan jalan dan mendirikan pos dianggap berpotensi terjadi kerawanan atau kemacetan.

"Personel dalam rangka melakukan kegiatan rekayasa lalu lintas sehingga diharapkan tamu undangan atau tamu VIP, tamu undangan yang lain tidak ada kendala menuju tempat kegiatan upacara yaitu di Ibu Kota Nusantara," ujarnya.

Polri terus mematangkan persiapan untuk mengamankan jalannya upacara HUT Kemerdekaan RI di IKN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA